Untuk menambah pemasukan di saat pandemi seperti sekarang, Anda bisa merintis usaha frozen food yang menjanjikan. Olahan makanan ini bisa diawetkan dengan cara membekukannya dalam freezer.

Apa membutuhkan modal besar? Eittss, tunggu dulu, setiap bisnis pasti selalu membutuhkan modal. Tapi untuk memulainya, Sobat bamcargo jangan dulu memikirkan modalnya.

Usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar, apalagi bisa dikerjakan dari rumah. Meski skala rumahan, tapi jangan salah omzet dan keuntungannya cukup besar loh!

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai usahanya? Simak tips bisnis frozen food di bawah ini, mudah kok!

Tips Usaha Frozen Food
Memulai sebuah usaha atau bisnis memang jangan kebanyakan mikir, tetapi di sisi lain juga jangan terlalu gegabah dalam mengeksekusinya. Perlu perhitungan yang matang dan tips seperti di bawah ini, yaitu:

1. Tentukan Produknya Apa Saja
Jika kamu mau membuka usaha, tentu harus memiliki produk bukan? Apa yang akan kamu jual atau produksi? Memulai bisnis frozen food dengan menentukan produknya terlebih dahulu adalah langkah yang benar.

Sebenarnya ada banyak jenis makanan beku, sebagai contoh bakso ayam, bakso sapi, bakso ikan, nugget ayam, nugget sayur, tempura, daging beku, ikan beku dan lainnya.

Agar penentuan produk semakin tepat, kamu juga bisa melakukan survei di Pasaran jenis produk frozen food yang sedang digemari.

2. Modal? Bisa Diatur kok
Memperhitungkan modal memang perlu, tapi jangan membuat kamu jadi menyerah karena ini bisa diatur kok. Sobat bamcargo, hitung semua keperluan usaha frozen food secara rinci untuk mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan.

Nah jika sudah ada jumlahnya namun uangnya belum cukup, tak perlu khawatir. Mulailah saja dulu dengan peralatan yang ada sambil mengumpulkan peralatan yang dibutuhkan.

Paling kamu membutuhkan kemasan kedap udara, alat press kemasan hingga alat vakum kemasan. Peralatan atau freezer gunakan saja yang ada di dapur Sobat bamcargo ya!

3. Metode Pemasaran: Go Online Go Social Media
Usaha frozen food ini sedang digemari oleh semua orang, kamu bisa memasaknya dengan mudah. Apalagi sekarang berada di era internet dan social media yang perlu kamu manfaatkan secara optimal.

Pasarkan produk secara online terutama di media sosial yang Anda miliki, mulai dari Instagram, Whatsapp, Facebook hingga Twitter. Bagaimana kalau konsumen yang memesannya jauh dari rumah ? No problem, itu bukan kendala yang berarti.

Cara kirim frozen food ke lokasi yang jauh bisa menggunakan ojek online atau jasa ekspedisi seperti bamcargo yang bisa menjemput paket ke tempat kamu. Packing saja frozen food dengan aman seperti menggunakan ice gel pack agar tetap fresh ketika sampai di tangan konsumen.

4. Lisensi Frozen Food Juga Penting
Agar bisnis kamu bisa berjalan lancar, sebaiknya urus sejak awal mengenai lisensi produknya. Seperti izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) agar bisa beredar di Pasaran dengan aman.

Tambahkan pula registrasi BPOM dan Sertifikat halal MUI sehingga konsumen percaya akan produk frozen yang Anda tawarkan. Logo frozen food yang telah dibuat semakin lengkap dengan lisensi makanan seperti di atas.

5. Tambah Networking, Jika Sudah Berkembang
Pemasaran melalui online sudah berjalan lancar, tak ada salahnya untuk kamu mencoba menawarkan kerja sama ke supermarket atau minimarket di daerah kamu. Hal ini bermanfaat juga untuk menjangkau konsumen yang tidak menggunakan media online atau media sosial.

Bisa juga bekerjasama dengan penyedia catering, kedai makanan atau bahkan grosiran. Dengan memperluas networking, apalagi usaha kamu sudah berkembang bisa semakin meningkatkan omset dan keuntungan.

Usaha frozen food di tengah pandemi seperti sekarang bisa tetap dilakukan. Yang terpenting kamu memiliki perhitungan yang tepat untuk mengantisipasi berbagai resiko yang mungkin terjadi.Untuk urusan mengirimkan barang, kamu bisa memilih jasa bamcargo. Tak perlu khawatir paket barang frozen food tetap aman dikirimkan oleh bamcargo. Pastikan packing paket barangnya sesuai standar untuk makanan frozen

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami