Bisnis ikan cupang semakin menjanjikan karena sekarang memiliki banyak peminatnya. Tak perlu khawatir, kamu bisa mengirimnya ke luar kota dengan mengetahui terlebih dahulu cara kirim cupang pada artikel ini.

Itu artinya, kamu bisa bebas memasarkan ikan cupang ke berbagai daerah dengan menggunakan jasa ekspedisi pengiriman. Dengan mengetahui cara yang benar packing ikan cupang, maka resiko mati di jalan bisa dihindari.

Alat dan Bahan Packing Ikan Cupang
Agar lebih aman, maka cara kirim cupang antar kota harus dimulai dengan mempersiapkan alat dan bahan packingnya.

  • Box packing berupa kotak styrofoam dan kardus. Gunakan styrofoam minimal 2 cm agar suhu tetap stabil dan tidak mudah rusak. Kardus berguna untuk melapisi kotak agar terlindung dari benturan.
  • Gunakan plastik berukuran 7x20cm, 8x20cm atau 10x20cm untuk menampung ikan cupang.
  • Siapkan cutter untuk memotong styrofoam atau kardus.
  • Siapkan juga lakban untuk menutup kemasan box agar lebih aman dan terlihat rapi.
  • Untuk menyamarkan suara air dalam kemasan, gunakan bahan seperti jagung, kacang hijau atau beras.
  • Dengan mempersiapkan alat dan bahan tersebut, maka packing ikan cupang jadi lebih aman selama proses pengiriman di perjalanan. Ini penting agar kondisi ikan cupang tidak mengecewakan, terutama setelah sampai di tangan pengguna.

Panduan cara kirim cupang ke luar Jakarta bisa sobat bamcargo perhatikan ulasannya di bawah ini.

Cara Kirim Cupang ke Luar Kota
Cara kirim cupang memang tidak bisa sembarang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar cupang selamat sampai tujuan.

1. Kondisikan Ikan Cupang
Ikan cupang tidak boleh diberi makan untuk waktu 12 jam atau 1 hari sebelum mengirimkan ke luar kota. Ini bertujuan agar kualitas air tetap jernih karena minim kotoran ikan cupang.

Ikan cupang bisa keracunan akibat endapan kotorannya yang mengandung amoniak itu.

2. Pisahkan Ikan Cupang
Sobat bamcargo pasti tahu kan bahwa ikan cupang sering berkelahi? Untuk itu pisahkan agar tidak menimbulkan resiko cacat karena berkelahi.

3. Kapasitas ikan Cupang Sesuai Ukuran Plastik
Jika cupang disatukan, pilih spesies yang sama dengan tetap memperhatikan kapasitas dalam satu plastik. Pilih jumlah yang tepat agar cupang tetap leluasa bergerak dan bernafas.

Ukuran plastik setidaknya harus memuat perbandingan 30% air dan 70% udara, ini wajib loh!

4. Masukkan ikan Cupang ke Plastik
Cara kirim cupang harus memperhatikan perbandingan di atas agar cupang bisa bertahan selama di perjalanan. Ikat bagian ujung plastik hingga gembung, kemudian lapisi 2-3 plastik untuk menghindari kebocoran plastik.

5. Masukkan ke dalam Kotak Styrofoam
Kirim ikan cupang lewat JNE juga sebenarnya bisa, namun sobat bamcargo harus memastikan packing-nya dengan aman. Caranya dengan memasukkan ke dalam kotak styrofoam yang dilapisi kertas atau koran agar kedap cahaya.

Selalu pastikan menyimpan ikan cupang dengan rapi, tujuannya agar tidak mudah terguncang atau menggelinding.

6. Tutup Rapat dengan Kardus
Terakhir, gunakan kardus untuk menutupi celah cahaya pada styrofoam agar packing-nya ini semakin sempurna dan aman. Kardus ini juga bisa melindungi styrofoam agar tidak mudah retak atau rusak.

7. Pastikan Alamat Tujuannya Benar
Tuliskan alamat tujuan dengan benar, lengkap dan mudah terbaca. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan kontak yang bisa dihubungi agar memudahkan kurir.

Jika menggunakan perbandingan air dan udara seperti yang telah disebutkan di atas, cupang bisa bertahan dalam plastik selama 24 jam. Sebaiknya pilih layanan same day service atau one night service agar cepat sampai di tangan pembeli.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami