Frozen food atau makanan beku menjadi andalan untuk kamu yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan bahan makanan. Makanan beku memang praktis karena tinggal digoreng atau dipanaskan dengan microwave. Selain untuk lauk utama, makanan beku bisa dijadikan tambahan bahan masakan atau dijadikan camilan.

Kegemaran akan frozen food itu berefek pada semakin banyaknya penjual makanan beku. Bisnis frozen food memang tergolong mudah dijalankan dan bisa dilakukan dari rumah. Tanpa modal besar, pelanggan pun tidak sulit untuk dicari.

Mungkin Sobat bamcargo sendiri ingin menjajal bisnis ini, namun masih bingung cara kirim makanan beku melalui ekspedisi. Hari ini bamcargo akan memberi tips packing makanan beku.

1. Kemasan
Untuk menjaga kualitas, packing makanan beku harus dipastikan rapat dan kedap udara. Masukkan makanan beku ke dalam plastik nylon yang memiliki fleksibilitas dan elastisitas yang tinggi, kemudian vakum. Kemasan seperti ini mampu menghindarkan makanan dari kerusakan bila tertindih barang lain serta membuat makanan tahan lebih lama.

2. Ice Gel
Ice gel penting untuk menjaga suhu makanan beku. Namun jangan sampai berlebihan karena akan membuat paket semakin berat dan otomatis biaya pengiriman lebih tinggi. Ice gel hanya boleh mengisi 20% wadah pengirimanmu. Letakan ice gel di dasar wadah, kemudian masukan makanan beku, lalu tambahkan lagi ice gel.

Kamu bisa membeli ice gel di toko atau membuatnya sendiri. Kalau kamu ingin buat ice gel sendiri, siapkan tepung tapioka, cuka dan garam. Masukkan 1 kg tepung tapioka ke dalam panci kemudian tambahkan5-6 liter air lalu masak hingga jadi bubur yang kental. Setelah itu angkat bubur tapioka dan tambahkan cuka sebanyak 250 ml dan tambahkan garam yang banyak. Aduk rata dan tunggu hingga dingin, lalu Kemas dengan plastik gula. Bekukan di dalam freezer. Ice gel ini mampu membuat makanan beku bertahan hingga tiga hingga empat hari.

3. Wadah
Pilihlah wadah terisolasi seperti sterofoam atau kotak es. Pemilihan wadah yang tepat penting untuk menjaga suhu makanan beku tetap dingin. Kamu juga bisa melapisi makanan beku dengan bubble wrap sebelum memasukkannya ke dalam wadah pengiriman untuk menjaga makanan dari benturan.

4. Durasi Pengiriman
Kecepatan pengiriman sangat lah penting untuk memastikan kualitas makanan beku. Oleh karena itu saat kirim frozen food gunakan jasa pengiriman kilat supaya paket kamu bisa sampai dalam waktu sehari. Pilih juga ekspedisi yang menyediakan layanan antar makanan beku agar paketmu dapat ditangani dengan tepat. Bila pengiriman dilakukan ke luar kota yang notabenenya memerlukan waktu lebih dari satu hari, ekspedisi yang menyediakan layanan ini bisa menyimpan makanan beku di freezer kantor pusat sebelum diteruskan ke alamat penerima.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami