Ekspedisi laut murah kini menjadi alternatif untuk pengiriman barang antarpulau. Kendati waktu pengirimannya lebih lama, akan tetapi tarif yang dikenakan lebih murah. Lihat saja ongkos kirim dari wilayah Pulau Jawa ke Sumatera atau Kalimantan. Jika melalui jasa ekspedisi mainstream yang dikirim melalui udara, perkilogramnya bisa mencapai Rp 20.000 sampai dengan Rp 50.000. Tentu akan memberatkan pengirim atau penerima jika ongkos kirimnya mencapai puluhan ribu.

Tarif akan semakin melambung jika pengiriman mencapai 100 kilogram. Salah satu alternatifnya adalah mengirim barang melalui kapal laut. Salah satu kelemahan pengiriman melalui kapal laut adalah waktu pengiriman disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal. Namun untuk pengiriman yang menggunakan kapal milik Pelni akan lebih cepat, karena memiliki jadwal keberangkatan lebih teratur dan pasti.

Tarif kiriman jika melalui kapal mulai Rp 5.000 perkilogramnya. Tergantung pada daerah tujuan paket.  Jika Anda belum berpengalaman mengirim barang melalui kapal laut, berikut ini adalah cara memilih ekspedisi laut yang murah, terpercaya, dan tentu saja aman.

  1. Pilih Layanan yang Dibutuhkan

Setelah Anda memilih mengirim barang melalui kapal laut, langkah berikutnya adalah layanan kiriman. Apakah Anda akan memilih door to door service, yang artinya barang kiriman akan diantar langsung sampai ke alamat tujuan. Ataukah Anda memilih port to port service, yang artinya kiriman diambil oleh penerima di pelabuhan atau agen terdekat dari pelabuhan. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja budget Anda.

  1. Jenis dan Isi Kiriman Barang

Sama dengan pengiriman barang lainnya melalui transportasi apa saja, Anda harus mengatakan isi barang dengan benar. Misal apakah barang kiriman tersebut tergolong barang pecah belah, rentan terkena air, atau cairan. Ini akan berpengaruh dengan bagaimana barang kiriman diperlakukan. Selain itu juga untuk meminimalisir terjadinya kerusakan barang.

  1. Cek dan Ricek Tarif

Setiap ekspedisi pastilah mencantumkan tarif kiriman ke seluruh tujuan. Anda tidak bisa begitu saja serta merta percaya. Anda harus menanyakan kembali ke petugas terkait tarif kiriman. Bisa jadi tarif kiriman di list harga yang terpampang hanya ke kabupaten atau kota, belum mencapai kecamatan tujuan. Apalagi jika wilayah sebuah kabupaten/kota luas pasti ada tarif yang sedikit berbeda untuk ke kecamatan yang paling jauh.

  1. Isi dengan Benar Form Pengiriman Barang

Anda pasti diminta untuk mengiisi formulir barang kiriman. Untuk kelancaran dan keamanan kiriman, isilah dengan benar. Hal ini untuk menghindari masalah di pelabuhan jika antara formulir isian dan x-ray berbeda.

  1. Asuransi Barang Kiriman

Pilih ekspedisi yang menyediakan asuransi untuk kiriman barang Anda. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu dengan barang Anda ketika Anda menggunakan jasa ekspedisi laut murah.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami