Harga jasa pengiriman barang tentu tidaklah sama satu dan lainnya. Tolak ukurnya adalah jarak dan jenis kendaraan yang dipakai. Secara otomatis itu juga akan menentukan lamanya pengiriman ke kota tujuan. Pelanggan bisa melihat ongkos kirim dari kota asal ke tujuan pada website. Atau bisa juga menanyakan ke customer service jasa ekspedisi pilihan.

Setiap orang pastilah ingin mendapatkan ongkos kirim murah. Apalagi bagi para pelaku usaha yang mengirim barang dalam jumlah banyak. Pastilah membutuhkan ekspedisi yang murah dan cepat salah satunya dengan kirim barang via laut. Pelanggan punya banyak pilihan ekspedisi yang menawarkan harga murah dan pengiriman cepat.Namun seringkali mereka terpatok oleh harga yang ada di website. Padahal masih ada biaya-biaya tambahan yang seringkali tidak diketahui oleh pelanggan.

Berikut ini cara menghitung jasa pengiriman barang, untuk mengetahui harga jasa pengiriman barang sehingga Anda dapat memperkirakan berapa tarif yang harus Anda keluarkan.

  1. Tujuan Pengiriman

Meski dalam satu provinsi, biaya pengiriman belum tentu sama. Anda harus pastikan alamat lengkap penerima sebelum mengirim barang. Termasuk nama kelurahan dan kecamatan. Lokasi detail juga berpengaruh pada besaran tarif pengiriman.

  1. Besaran Paket

Biaya paket perkilogram tentunya juga ditentukan oleh besar kecilnya paket. Untuk jasa ekspedisi tertentu mensyaratkan minimal pengiriman 100 kilogram. Anda bisa memperkirakan sendiri besaran paket dengan cara menimbang paket.

  1. Ukur Dimensi

Sebagian besar ekspedisi menerapkan dimensi dalam mengirim paket. Dimensi dihitung berdasarkan ukuran volume kemasan barang. Formulanya panjang x lebar x tinggi: 6.000 untuk pengiriman melalui udara. Sedangkan untuk pengiriman melalui laut fomulanya panjang  x lebar x tinggi: 4.000. Biasanya dimensi ini diberlakukan jika barang ringan namun makan tempat.

  1. Jenis Transportasi

Jenis transportasi juga menentukan besaran ongkos kirim yang dikenakan. Paling murah pengiriman dilakukan melalui jalur laut untuk kiriman antarpulau. Sedangkan untuk dalam pulau bisa dilakukan menggunakan truk atau jasa kereta api. Pengiriman melalui udara tentu lebih mahal, baik pengiriman ke luar pulau ataupun dalam pulau saja.

  1. Sewa Truk atau Mobil Box

Jika pengiriman Anda mencapai puluhan atau bahkan ratusan ton, salah satu alternatifnya adalah menyewa truk atau mobil box. Ini juga sering digunakan untuk jasa pindahan rumah. Untuk harga sewa, selain jarak tentu saja juga besar kecilnya truk dan mobil box yang disewa.

  1. Biaya Pengemasan dan Bongkar Muat

Untuk pengiriman dalam jumlah banyak akan dikenakan biaya pengemasan dan bongkar muat. Besarannya berbeda-beda. Untuk biaya pengemasan dan bongkar muat setiap ekspedisi berbeda kebijakannya. Anda dapat menanyakan ini ke customer service di agen pengiriman.

Bagi pelaku bisnis baik partai kecilataupun besar menjadi penting untuk memperhitungkan harga jasa pengiriman barang.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami