Sejak pandemi ini, hobi masyarakat untuk bersepeda kembali meningkat lho! Terbukti di hari-hari libur, jalanan Ibu Kota dipenuhi oleh masyarakat yang menggowes sepedanya untuk berkeliling menikmati jalanan yang sepi. Akibat meningkatnya kembali hobi bersepeda, penjualan sepeda pun juga melonjak. Banyak sekali penjual-penjual sepeda merebak di toko-toko online dan offline, dari sepeda dengan harga yang sangat mahal sampai sepeda dengan harga yang terjangkau.

Dengan tingginya minat masyarakat akan sepeda, kamu dapat mencari keuntungan dengan bisnis berjualan sepeda. Tetapi sebelum berjualan sepeda, kamu harus memperhatikan cara packing sepeda dengan baik dan benar, karena pembeli tidak ingin jika sepeda yang mereka beli rusak akibat packing yang salah. Nah jangan takut, kalau kamu berniat ingin bisnis berjualan sepeda atau bahkan kamu adalah salah satu penjual sepeda. Kamu bisa mempelajari cara-cara packing sepeda di bawah ini, supaya sepeda yang kamu kirim tetap mulus sampai ke tangan pembeli. Langsung simak aja yuk 5 cara packing sepeda di bawah ini!

Cara Packing Sepeda dengan Benar

1. Cari Dus yang Pas Untuk Memasukkan Sepeda Kamu

Yang pertama tentu perlu dus sebagai lapisan paling luar untuk melindungi sepeda kamu. Kardus-kardus ini bisa kamu dapatkan di penjual kardus eceran, jangan memakai kardus bekas karena kardus bekas sudah tidak kuat dan mudah bengkok. Carilah dus dengan ukuran yang pas dengan sepeda yang ingin kamu packing. Usahakan jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Cari juga dus-dus kecil untuk membungkus bagian-bagian yang dicopot dari rangkaian sepeda. Dus-dus kecil berguna untuk membungkus sadel, pedal, handle bar, dan groupset jika dicopot.

2. Copot Ban Depan Agar Tidak Memakan Tempat

Selain mencopot ban depan, kamu juga perlu mencopot bagian-bagian yang mudah patah. Kamu harus mencopot sadel, pedal dan stang supaya tidak memakan tempat dan mengurangi risiko patah ketika pengiriman. Ban belakang tidak perlu dilepas, karena ban belakang sekaligus melindungi groupset belakang. Namun jika perlu kamu juga bisa mencopot ban belakang, tetapi agak rumit jika harus mencopot ban belakang karena terdapat groupset yang memerlukan kemampuan lebih untuk dibongkar-pasang.

3. Bungkus Bagian-Bagian yang Rawan Rusak

Kamu perlu membungkus atau menutup bagian-bagian sepeda yang rawan rusak. Kamu bisa menutup bagian groupset belakang dengan kardus tebal dan direkatkan ke ban belakang dengan kuat. Jika perlu, kamu juga bisa menutup dari groupset belakang hingga crank, karena pada kedua bagian itu terdapat rantai yang menghubungkan keduanya. Ujung fork juga harus diberi kardus yang tebal, supaya fork tidak menembus bagian bawah kardus akibat ujung fork yang cukup tajam. Terakhir, bungkuslah dengan plastic foam atau lembaran kardus pada bagian-bagian yang rawan bergesekan, terlebih lagii frame sepeda yang akan sangat terlihat jika lecet akibat tergesek.

4. Masukkan ke Dalam Dus

Masukkan ke dalam dus secara perlahan, pastikan dus menutupi semua bagian sepeda dan tidak ada bagian sepeda yang keluar. Tutup setiap bagian kardus dengan lakban dengan rapi dan kuat, pastikan sudah tidak ada bagian yang terbuka yang berpotensi dapat merobek kardus. Jika kamu masih awam dengan cara memasukkan sepeda ke dalam dus, kamu bisa melihat video toko-toko sepeda yang membuat tutorial cara packing sepeda di internet, karena sudah banyak video-video tutorial yang menunjukkan cara untuk memasukkan sepeda ke dalam dus packing.

5. Barang Siap Dikirim

Kalau sudah melakukan tahapan-tahapan di atas, sekarang kamu tinggal mengirim sepeda kamu. Kamu bisa mempercayakan kurir bamcargo untuk mengantar sepeda kamu hingga sampai ke tujuan. Ada beberapa pilihan pengiriman yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu! Nggak percaya? Coba deh kamu langsung cek ongkir untuk menentukan layanan pengiriman dari bamcargo dengan harga yang terjangkau pastinya. Khawatir dimana lokasi paket kamu? Jangan takut, bamcargo punya fitur tracking paket yang bisa kamu manfaatkan untuk melacak paket kamu. Cek resi aja untuk memastikan paket kamu sudah terkirim

Semoga cara-cara tadi dapat menambah pengetahuan untuk melakukan packing sepeda kamu. Jaga sepeda kamu supaya tidak rusak ketika pengiriman dengan melakukan packing yang benar, karena sangat disayangkan sepeda yang kamu kirim mengalami kerusakan karena packing yang kurang baik.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami