Sekarang, kamu sudah bisa kirim paket dari rumah lho, Sobat bamcargo. Soalnya, pihak ekspedisi lah yang akan datang ke rumah atau kantor untuk mengambil paket-paket yang perlu kamu kirimkan ke alamat pembeli. Ditambah lagi, pilihan ekspedisi yang bisa jemput barang juga makin bertambah.

Meskipun praktis, tentu bukan berarti kamu sudah tidak perlu untuk menyiapkan paket lagi, ya! Justru malah agar kamu bisa benar-benar menikmati kemudahan kirim paket dari rumah, kamu perlu siapkan segalanya agar proses penjemputan dan pengiriman paket berjalan dengan lancar.

Simak 5 tips berikut ini untuk memudahkan kamu mengirimkan paket dari rumah, yuk! Selamat membaca!

Siapkan Perlengkapan dan Info Pengiriman
Begitu kamu menerima pesanan masuk yang sudah dibayar oleh pembeli, segeralah siapkan pesanan tersebut agar pembeli tidak menunggu terlalu lama dan barang bisa ia terima dengan segera.

Untuk mengemas paket, kamu butuh perlengkapan sebagai berikut:

  • Printer untuk mencetak label pengiriman. Kamu bisa gunakan printer inkjet maupun laser sesuai dengan kebutuhanmu.
    Kertas atau label pengiriman.
  • Timbangan untuk memastikan berat paket.
  • Informasi pengiriman, yang meliputi alamat dan nomor teleponmu sebagai pengirim, serta alamat dan nomor telepon pembeli.
  • Nomor resi, apabila layanan ekspedisi yang bisa jemput ke rumah pilihanmu punya fasilitas input pesanan pengiriman secara online, sehingga kamu sudah bisa mendapatkan nomor resi lebih dulu.
  • Siapkan Kebutuhan Pengemasan Paket
    Pastinya, kamu juga harus menyiapkan perlengkapan untuk mengemas paket. Kamu bisa gunakan kotak kardus baru maupun bekas, bubble wrap atau kertas bekas untuk pengaman jika dibutuhkan, kantong plastik polybag, atau benda-benda lain yang kamu butuhkan untuk mengemas paket.

Setelah semua bahan-bahan untuk mengemas paket sudah siap, kamu bisa segera mulai mengemas paket. Pastikan bahwa pengemasan kamu lakukan dengan cermat agar paket aman dan kamu tidak repot saat kirim paket dari rumah nanti, ya!

Cetak Label Pengiriman
Setelah paket sudah selesai kamu kemas, kamu bisa segera cetak atau print label pengiriman. Cara ini paling efektif kalau jumlah paketmu cukup banyak, misalnya sampai puluhan. Sedangkan jika jumlah paketmu masih sedikit karena bisnismu baru saja dimulai, kamu bisa tulis tangan informasi pengiriman pada label.

Tempelkan Label Pengiriman pada Paket
Pastikan bahwa label pengiriman kamu tempelkan pada tempat yang mudah dibaca, ya. Selain itu, pastikan juga bahwa tulisan atau cetakannya jelas agar tidak terjadi kesalahan input. Hindari pemasangan label pada bagian tepi paket; kamu bisa tempelkan pada bagian yang permukaannya rata seperti sisi-sisi kotak.

Jadwalkan Penjemputan Paket dari Rumah
Nah, apabila semua langkah di atas sudah kamu lakukan, kamu bisa atur jadwal penjemputan paket. Inilah langkah yang paling membedakan kemudahan kirim paket dari rumah dibandingkan dengan datang langsung ke kantor cabang ekspedisi terdekat. Cukup kamu jadwalkan penjemputan paket saja dan petugas ekspedisi yang akan mendatangi rumah untuk menjemput paket-paketmu.

Tahukah kamu kalau sekarang kamu bisa kirim paket dari rumah cukup menggunakan satu platform saja? Jadi, meskipun semua pembeli memilih jasa ekspedisi yang berbeda-beda, kamu tak perlu repot menghubungi pihak ekspedisi satu per satu untuk menjemput paketmu. Soalnya, lewat jasa pengiriman bamcargo di https://bamcargo.id, kamu bisa lakukan semuanya hanya dalam satu waktu.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami