Ketika kamu cek tarif ongkir cargo, kamu mungkin sudah langsung menyadari bahwa besarnya tarif bisa bervariasi. Nah, berapa ongkir atau ongkos kirim memang benar bisa bervariasi karena ada beberapa faktor yang perlu kamu ketahui.

Dengan mengetahui apa saja faktor tersebut, kamu bisa dapatkan gambaran lebih jelas bagaimana tarif bisa mengalami perubahan, terutama kalau kamu punya bisnis online yang pasti mengandalkan layanan perusahaan ekspedisi atau pengiriman.

Kalau begitu, apa saja ya faktor-faktor yang mempengaruhi tarif cargo? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, ya!

Ukuran dan Berat Barang

Masing-masing perusahaan ekspedisi punya aturan batas berat dan ukuran untuk jenis barang atau paket yang berbeda-beda. Misalnya amplop untuk dokumen A4 standar, kotak untuk dokumen yang lebih besar atau benda-benda berukuran ringkas, boks, dan sebagainya. Kalau paketmu melebihi standar ukuran dan berat yang ditentukan, kamu akan dikenai biaya ekstra.

Berat Dimensi

Berat dimensi atau dimensional (DIM) weight mengacu pada kepadatan paket. Maksudnya adalah jumlah ruang yang dipakai oleh paketmu dan berkaitan dengan berat paket yang sesungguhnya. Kalau berat DIM paketmu melebihi berat sesungguhnya, tarif ongkir cargo yang perlu kamu bayar pun bisa lebih dari besar biaya pengiriman kalau kamu hanya mengacu pada beratnya saja.

Jarak Pengiriman

Ketika kamu cek ongkir, salah satu informasi yang harus kamu input adalah kota tempat pengiriman dan tujuan. Alasannya jelas: tarif ongkir cargo pasti dipengaruhi oleh jarak pengiriman. Makin jauh jaraknya, semakin mahal pula harganya. Tak hanya itu saja, kondisi geografis atau medan antara kota asal dan tujuan juga bisa mempengaruhi ongkir, lho!

Waktu Pengiriman

Biasanya, perusahaan ekspedisi menawarkan berbagai pilihan layanan berdasarkan durasi atau waktu pengiriman. Nama layanannya sendiri bisa bervariasi, seperti pengiriman standar atau reguler, ekspress, dan sebagainya. Secara garis besar, semakin singkat waktu pengiriman yang dijanjikan, semakin mahal pula tarif pengiriman yang perlu kamu bayar.

Biaya Lain-Lain

Di samping biaya pengiriman sesuai yang ditetapkan perusahaan ekspedisi, paketmu pun bisa jadi akan dikenai biaya lain-lain bergantung dengan situasinya. Contohnya biaya lain-lain karena ukuran paketmu yang tidak sesuai standar, layanan ekstra untuk pengiriman ke daerah terpelosok yang belum terjangkau oleh jasa pengiriman biasa, barang-barang yang masuk ke dalam kategori berbahaya, dan sebagainya.

Pajak

Kalau kamu berencana untuk mengirimkan barang ke luar negeri, kamu juga perlu perhatikan bahwa selain tarif ongkir cargo, ada pajak cukai yang juga harus kamu bayarkan. Pajak ini perlu dibayarkan secara terpisah, jadi tidak dibayar bersamaan dengan ongkos kirim paket. Kalau ini adalah pertama kalinya kamu kirim paket ke luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dengan pihak bea cukai negara tujuan, terutama agar kamu bisa menentukan dengan pasti berapa tarif pajak yang harus dibayar.

Mengetahui besarnya tarif ongkir cargo sangat penting baik untuk kamu yang perlu mengirim paket pribadi ke keluarga atau teman, maupun kamu yang punya bisnis online. Dengan begitu, kamu tahu dengan pasti berapa besar biaya yang perlu dibayarkan untuk pengiriman.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami