Siapa sih yang nggak tau bubble wrap? Plastik dengan gelembung udara yang sering kamu pencetin jika habis membeli barang elektronik atau pecah belah. Ternyata fungsi bubble wrap ada banyak loh! Karena memiliki ketebalan lebih dibanding plastik biasa, bubble wrap dapat kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Apalagi dengan harganya yang murah, kamu bisa membeli banyak sekali bubble wrap untuk kamu gunakan.

Memang pada pengiriman paket barang, sudah sangat lumrah menggunakan bubble wrap untuk melindungi paket barang dari kerusakan akibat himpitan dan guncangan. Namun siapa sangka bubble wrap juga dapat dimanfaatkan pada banyak situasi, dijamin kamu juga banyak yang belum tau kegunaan bubble wrap ini. Nah langsung simak aja 8 fungsi bubble wrap di bawah!

Fungsi Plastik Bubble Wrap

1. Untuk Menjaga Barang yang Kamu Kirim

Biasanya bubble wrap sering dipakai untuk menjaga barang untuk dikirim melalui layanan pengiriman. Bubble wrap bisa menahan barang dari himpitan dan guncangan ketika proses pengiriman. Barang seperti case handphone, skincare, kosmetik dan gadget sangat perlu dilapisi bubble wrap dalam packingnya karena mudah rusak akibat benturan dalam proses pengiriman.

2. Mengisolasi Jendela Rumah

Kalau jendela rumah kamu kurang mengisolasi hawa dari luar, bubble wrap juga dapat digunakan untuk membuat kamu hangat. Cocok banget buat kamu yang tinggal di daerah pegunungan yang dingin, ketika jendela kamar kamu sudah tidak bisa menahan kaos kaki dan baju hangat yang kamu kenakan. Gunting bubble wrap dan sesuaikan dengan permukaan jendela yang ingin kamu tempeli bubble wrap, kemudian tempel dengan lem atau double tape supaya tidak mudah terlepas. Bubble wrap bisa menahan suhu luar yang dingin karena karakter bubble wrap yang lebih tebal dibanding plastik biasanya, bubble wrap juga tidak berwarna sehingga dapat menembus cahaya dari luar.

3. Menjaga Makanan Tetap Beku

Bubble wrap juga bisa menjaga makanan supaya tetap beku lho! Walaupun tidak bisa bertahan pada jangka yang lama, setidaknya bisa menahan suhu tidak naik terlalu banyak ketika dalam perjalanan. Mungkin jika kamu habis berbelanja ke supermarket atau ingin mengirim frozen food, kamu bisa memanfaatkan bubble wrap tanpa perlu khawatir makanan tidak segar lagi ketika sampai.

4. Menjaga Kebersihan Kulkas

Kulkas bisa menjadi sangat kotor jika kamu malas membersihkannya secara rutin, karena kulkas biasa menyimpan bahan-bahan makanan yang dapat meninggalkan bekas kotoran. Kotoran-kotoran pada kulkas bisa disebabkan dari telur atau sayuran yang kamu beli dari pasar dan belum sempat kamu cuci terlebih dahulu. Jika kamu malas untuk membersihkan kulkas secara rutin, kamu bisa membungkus dengan bubble wrap bahan makanan yang ingin kamu masukan ke kulkas. Atau kamu juga bisa memberi alas bubble wrap pada bagian-bagian kulkas yang susah untuk diseka dengan kain lap, seperti rak yang berada pada tutup pintu kulkas karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Dengan memberi alas bubble wrap, kamu tidak perlu lagi menyeka dengan kain lap, karena kamu hanya perlu mengganti alas bubble wrap tadi dengan yang baru.

5. Pemisah Tumpukan Piring

Jika kamu harus menumpuk piring-piring kamu karena tidak ada rak piring lagi yang kosong, akan menyebabkan lecet pada piring-piring kamu. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menggunakan bubble wrap untuk memisahkan antara tumpukan piring. Kamu hanya tinggal memotong-motong bubble wrap yang sesuai dengan ukuran piring kamu, bubble wrap akan menghindari piring kamu dari lecet akibat bergesekan dengan piring lainnya.

6. Menghangatkan Tanaman

Selain badan, tanaman juga perlu dihangatkan jika tanaman tersebut bukan spesies yang kuat hidup di daerah dingin. Bubble wrap juga bisa berguna dalam situasi ini, kamu tinggal lapisi bagian dalam pot dengan bubble wrap. Pastikan tanah berada di dalam lindungan bubble wrap, supaya bubble wrap dapat menyelimuti tanaman dengan baik, sehingga tanaman tersebut dapat bertahan ketika cuaca sedang dingin.

7. Membuat Barang-Barang Jadi Tidak Berdebu

Jika kamu ingin meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama, kamu juga bisa memanfaatkan bubble wrap untuk melindungi barang-barang kamu dari debu. Pasti di rumah kamu banyak pajangan-pajangan seperti lukisan, hiasan meja, bahkan lemari dan meja. Tutupi barang-barang tadi dengan bubble wrap supaya tetap terjaga kebersihannya. Malas juga kan kalau ketika kamu pulang ke rumah, barang-barang kamu berdebu semua yang membuat kamu harus membersihkannya satu persatu.

8. Menjaga Kondisi Sepatu yang Tidak Terpakai

Siapa bilang sepatu tidak bisa rusak jika tidak dipakai? Malahan sepatu bisa juga rusak ketika tidak pernah dipakai, apalagi kamu tidak menyimpannya di dalam kardus sepatu. Kamu harus menyimpan sepatu pada suhu yang kering agar bagian dalam sepatu tidak lembab dan berjamur. Nah untuk menghindari jamur bersarang pada bagian dalam sepatu, kamu bisa memasukan gulungan bubble wrap di dalamnya. Bubble wrap juga bisa melindungi bentuk sepatu kamu, karena jika dibiarkan terlalu lama sepatu juga dapat berubah bentuk.

Nah akhirnya kamu paham kan kalau bubble wrap bisa memiliki banyak manfaat pada kehidupan sehari-hari. Jangan takut bubble wrap memiliki harga yang mahal, karena nyatanya harganya sangat murah. Kamu bisa mendapatkannya di marketplace dengan harga sekitar 90 ribu rupiah per rollnya, bahkan per rollnya berukuran 50m x 125cm. Dengan harga 90 ribu rupiah, kamu dapat melakukan 8 kegunaan bubble wrap yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba, ya!

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami