Apa itu preloved? Bila diterjemahkan dari bahasa Inggris secara harfiah, artinya adalah bekas. Jadi bisnis preloved bisa diartikan sebagai barang yang ditawarkan untuk dijual bukan dalam keadaan baru, dalam bentuk apa pun, tetapi tidak termasuk buku, majalah, perangko atau uang logam yang merupakan alat pembayaran yang sah. Namun barang preloved yang paling umum dijual kembali adalah pakaian.

Menjual barang preloved bisa membantu menjaga lingkungan. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa membeli barang bekas mengurangi jejak karbon dan emisi CO2 secara signifikan karena penggunaan sumber bahan baku dan logistik yang lebih sedikit. Manfaat lain dari jual-beli barang preloved adalah mengurangi pengeluaran bagi calon pembeli dan modal yang minim bagi penjual.

Bagi Sobat bamcargo yang ingin mulai bisnis preloved, yuk simak tips berikut.

1. Pastikan Kondisi Barang

Bila menjual barang bekas pastikan barang tersebut memang masih layak pakai. Jangan menjual barang yang sudah hampir rusak atau warnanya terlalu pudar. Juallah barang yang masih bisa digunakan beberapa tahun ke depan. Bila barang yang ingin Sobat bamcargo jual adalah baju preloved, ada baiknya dicuci dan disetrika terlebih dahulu. Ini membantu barang yang ingin Sobat bamcargo jual tampil dengan kondisi terbaik sehingga menarik minat pembeli.

2. Bersikap Jujur

Karena barang yang dijual adalah barang bekas, kondisinya tidak akan semulus barang baru. Tentu saja calon pembeli sudah siap dengan risiko tersebut, namun bukan berarti Sobat bamcargo tidak perlu memberi peringatan ya! Bila ada noda atau kekurangan lainnya, Sobat bamcargo harus menampilkannya dengan jelas di foto maupun deskripsi produk. Jangan sampai pembeli kecewa saat barang datang dan memberikan review yang buruk. Nanti calon pembeli lain jadi takut membeli barang preloved dari Sobat bamcargo.

3. Harga yang Wajar

Ingat! Barang yang Sobat bamcargo jual bukanlah barang baru, jadi berikanlah harga yang wajar. Jangan terlalu mahal, tapi juga jangan terlalu rendah agar Sobat bamcargo tetap bisa untung. Pintar-pintarlah bermain harga, agar calon pembeli punya ruang untuk melakukan nego. Trik ini bisa membuat barang

dagangan lebih cepat laku sekaligus membuat pembeli merasa semakin untung berbelanja dari Sobat bamcargo.

4. Promosi di Media Sosial Pribadi

Bingung harus mulai dari mana mempromosikan barang-barang preloved Sobat bamcargo? Cobalah dari media sosial sendiri. Ambil foto terbaik barang yang ingin dijual dan buatlah deskripsi produk yang singkat namun detail. Pelan-pelan Sobat bamcargo bisa membut katalog online sendiri.

5. Bekerja Sama Dengan Teman atau Keluarga

Bila teman Sobat bamcargo di media sosial tidak terlalu banyak, kamu bisa minta tolong kepada teman atau keluargamu untuk membantu promosi. Sebaliknya, bila followers Sobat bamcargo yang lebih banyak, Sobat bamcargo bisa menawarkan untuk mempromosikan barang preloved mereka. Nanti keuntungannya bisa dibagi dua deh!

6. Buka Toko di E-Commerce

Untuk membuat calon pembeli merasa aman dalam bertransaksi, Sobat bamcargo bisa membuka toko online untuk menjual barang preloved. Selain itu e-commerce dapat membantu Sobat bamcargo merapikan katalog online sehingga calon pembeli lebih nyaman melihat dan memilih. Umumnya barang preloved dijual di Carousell, namun jika Sobat bamcargo ingin membuka lapak di e-commerce lain pun tidak masalah.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami