Jasa pengiriman lewat pesawat atau udara masih banyak digandrungi. Alasannya karena lebih cepat dibanding melalui darat ataupun kapal. Kendati lebih mahal, jika kebutuhan mendesak dan cepat maka jasa pengiriman lewat pesawat jadi pilihan.

Sebelum pengiriman barang diproses, petugas agen jasa pengiriman pasti menanyakan lebih dulu isi kiriman. Agar lebih aman sepanjang perjalanan Anda harus jujur terkait isi kiriman. Jika tidak sesuai antara keterangan dan pindaian mesin x-ray bisa jadi barang Anda tertahan di bandara. Bahkan barang kiriman bisa dikembalikan ke alamat pengirim dan berbeda dengan jasa ekspedisi laut murah.

Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi. Untuk itu sebelum mengirim, Anda harus mengetahui apa saja barang yang dilarang dikirim jasa pengiriman lewat pesawat. Ini harus Anda pahami agar lebih selektif dalam mengirim barang.

  • Bahan Peledak

Aturan ini juga sama halnya ketika kita naik pesawat. Salah satu bahan yang dilarang adalah membawa bahan peledak. Demikian pula dengan barang kiriman melalui udara yang dikirimkan jasa pengiriman lewat pesawat, kita tidak diperbolehkan mengirim bahan peledak melalui jasa pengiriman.

  • Cairan yang Mudah Terbakar

Cairan seperti spritus, tidak diperkenankan dikirimkan melalui pesawat. Apalagi jika melalui udara, tentu berisiko jika tidak sengaja tumpah atau menetes. Ini bisa membahayakan penerbangan dan tentu saja orang lain yang ada dalam penerbangan tersebut.

  • Benda Padat yang Mudah Terbakar

Kendati bentuknya bukan cairan, benda padat yang mudah terbakar juga dilarang pengirimannya melalui udara. Anda harus berhati-hatik jika mengirimkan barang jenis ini. Agar barang kiriman tidak tertahan di bandara.  Sama halnya ketika kita menaiki pesawat benda jenis ini juga dilarang naik ke pesawat.

  • Bahan Radioaktif

Anda harus cermati semua menda yang berbau radioaktif dilarang dikirim melalui udara. Tentu saja ini untuk alasan keamanan sepanjang perjalanan. Anda harus mencari alternatif pengiriman ekspedisi lain jika ingin mengirim barang jenis ini.

  • Benda yang Menyebabkan Karat

Benda lain yang dilarang adalah benda yang berisiko menyebabkan karat pada bagian pesawat. Misal cairan yang dapat menyebabkan terjadinya karat atau korosi pada besi. Jika barang tidak sengaja menetes atau bahkan tumpah tentu akan fatal akibatnya. Untuk mengantisipasi risiko, sebaiknya tidak mengirimkan benda-benda tersebut.

Ada beberapa ekspedisi yang masih mengizinkan pengiriman benda-benda tersebut melalui pesawat. Akan tetapi, ada aturan main yang ditetapkan. Misal dalam segi pengemasan atau jumlah kiriman. Anda harus menanyakan hal ini ke petugas ekspedisi pilihan Anda.

Ada juga benda yang bahkan tidak diperkenankan dikirim melalui jenis transportasi apapun, termasuk angkutan darat. Agar lebih aman dan nyaman sebaiknya Anda pelajari dulu jenis barang apa yang tidak bisa menggunakan jasa pengiriman lewat pesawat.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami