Ekspedisi kapal laut sekarang ini jadi alternatif pengiriman selain menggunakan jalur udara. Selain lebih murah, jenis barang yang bisa dikirim melalui kapal laut lebih variatif.  Pengiriman lewat udara seringkali terkendala masalah keamanan. Lain halnya dengan pengiriman melalui kapal laut yang lebih fleksibel.

Itu sebabnya banyak pelaku usaha yang memilih pengiriman menggunakan ekspedisi kapal laut. Khususnya bagi mereka yang mengirim barang antarpulau. Kendati waktu pengirimannya lebih lama,akan tetapi kapal laut tetap menjadi alternatif untuk pengiriman barang dengan harga ekonomis.

Lalu apa saja barang yang boleh dan tidak boleh dikirim menggunakan kapal laut?

  1. Alat Berat

Pengiriman alat berat antarpulau tentu saja menggunakan jasa transportasi kapal laut. Untuk mengirim alat berat ada hal-hal yang harus diperhatikan, temrasuk faktor keamanan alat berat. Ada beberapa bagian dari alat berat yang rentan rusak apabila terkena anturan. Oleh sebab itu, harus ada beberapa bagian yang dilindungi atau dikemas khusus.

  1. Kendaraan Bermotor

Mobil dan motor adalah kendaraan bermotor yang bisa dikirim menggunakan ekspedisi kapal laut. Pengiriman kendaraan bermotor ini bukan hanya dilakukan oleh perusahaan besar, tetapi juga oleh individu yang bekerja, pindah tugas, atau melanjutkan studi di negeri seberang.

  1. Bahan Kimia

Salah satu benda yang dilarang dikirim menggunakan pesawat adalah cairan atau bahan kimia. Asal tidak berbahaya dan dilarang,  bahan kimia bisa dikirim melalui kapal laut. Anda harus memperhatikan atau mencari tahu terlebih dahulu cairan kimia yang Anda kirim tersebut dilarang atau tidak.

  1. Kendaraan Besar Lainnya

Pengiriman kendaraan besar seperti truk atau bus antarpulau bisa menggunakan kapal laut. Untuk pengiriman antarpulau tentu saja satu-satunya transportasi yang bisa mengangkut adalah kapal.

  1. Bahan Makanan yang Tidak Cepat Busuk

Bahan makanan untuk suatu daerah seringkali disupplai oleh daerah lain. Pengirimannya melalui kapal laut. Namun disarankan untuk pengiriman bahan makanan melalui kapal laut disarankan adalah makanan yang tahan lama dan tidak cepat busuk. Alasannya karena waktu tempuh lebih lama dan pengiriman barang yang menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal.

  1. Pakaian dan Kebutuhan Rumah Tangga Lainnya

Pelaku usaha banyak yang menyuplai barang ke luar pulau berupa pakaian atau keperluan rumah tangga lainnya. Salah satu alternatif pengiriman adalah melalui kapal laut. Kendati lebih lama pengirimannya akan tetapi biaya yang dikeluarkan lebih murah, maka dari itu banyak yang menggunakan jasa ekspedisi laut murah.

Namun perlu diingat, informasikan ke petugas agen ekspedisi apakah barang kiriman Anda tersebut mudah hancur atau tidak. Termasuk jika barang kiriman Anda adalah pecah belah.

Asalkan Anda tidak mengirimkan barang-barang ang dilarang seperti narkoba, semua barang bisa dikirim menggunakan ekspedisi kapal laut.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami