Salah satu jasa kirim barang andalan sekarang ini adalah persewaan truk. Mereka yang mengirim barang puluhan ton seringkali menggunakan jasa persewaan truk. Selain itu, mereka yang mengangkut barang pindahan rumah atau kantor juga menggunakan jasa ini.

Pelaku bisnis seringkali lebih memilih menyewa truk ketimbang membelinya. Alasan pertama karena lebih murah harga sewa ketimbang membeli. Selain itu bisa juga digunakan sesuai dengan keperluan. Jika mengirim barang rutin, pelaku bisnis bisa menggunakan sistem booking sehingga mereka sudah mendapatkah jatah armada dari pihak ekspedisi.

Alasan kedua adalah menyewa truk tidak memerlukan jasa perawatan.  Tentu bukan perkara gampang merawat truk, dan berbeda dengan merawat kendaraan bermotor lainnya. Selain itu pemilik juga harus mengurus dan memiliki izin jalan. Jika menyewa, pelaku bisnis tentu tak perlu mengurus izin jalan karena sudah diurus oleh pihak ekspedisi.

 Mahalkah Harga Sewanya?

Harga sewa truk yang ditetapkan oleh pihak ekspedisi biasanya berdasarkan jenis truk yang disewa dan tujuan. Bukan hanya di dalam pulau, Anda juga bisa menyewa truk ke luar pulau. Tentu harganya akan menyesuaikan dengan jasa kirim barang.

Ada beberapa pilihan jenis truk sewa antara lain colt diesel, Fuso, dan tronton. Jenis colt diesel biasanya digunakan  pindahan rumah, kantor atau mengangkut barang kiriman lainnya.  Truk Fuso sebetulnya juga memiliki fungsi yang hampir sama, bedanya adalah Fuso memiliki ukuran lebih besar ketimbang colt diesel. Untuk truk tronton seringkali digunakan untuk mengangkut kendaraan bermotor atau alat berat.

Hal-hal yang harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Truk

Pengiriman barang menggunakan truk tentu bukan untuk jarak dekat. Pengiriman barang melalui truk biasa digunakan untuk jarak jauh, bahkan antarpulau. Itu sebabnya Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengirim,antara lain:

  1. Surat Izin Jalan dan Legalitas

Sebelum menyewa atau mengirim barang menggunakan truk, sebaiknya Anda periksa duu surat izin jalan dan legalitas. Banyak yang memberikan jasa murah, namun mengabaikan adanya surat izin dan legalitas. Ini terkait dengan kiriman barang Anda. Apalagi jika pengiriman tersebut dilakukan antarpulau. Jadi, berhati – hati pula dalam memilih jasa pengiriman barang termurah.

  1. Cek Harga dan Estimasi Waktu Sampai

Anda perlu menanyakan berapa harga sewa truk antarpulau. Termasuk biaya packing ulang barang dan bongkar muat di pelabuhan. Anda juga perlu menayakan estimasi waktu tiba di tujuan. Biaya bisa berbeda jika truk berhenti di kota lain yang dilewati untuk menurunkan barang.

  1. Punya Banyak Armada

Anda bisa memilih ekspedisi yang memiliki banyak armada. Tujuannya agar Anda dapat memilih armada dengan kondisi baik. Selain itu juga Anda bisa mengetahui lokasi truk yang Anda sewa atau jika mengirimkan barang menggunakan truk akan menyeberang menggunakan kapal roro atau kapal Pelni.

Bukan hanya melalui darat, laut, dan udara, persewaan truk juga bisa Anda ketahui di jasa kirim barang.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami