Jasa pengiriman kendaraan bermotor banyak dicari, baik mahasiswa yang merantau atau karyawan yang dipindahtugaskan sementara waktu ke luar kota atau luar pulau. Selain itu, jasa pengiriman kendaraan bermotor juga dibutuhkan oleh pabrik motor untuk mendistribusikan kendaraan mereka ke dealer atau agen yang ada di luar pulau.

Produsen motor biasanya memiliki kendaraan atau armada distribusi sendiri. Akan tetapi, jika permintaan meningkat sementara armada angkut terbatas, maka mereka akan menggunakan jasa penggiriman kendaraan bermotor.

Mengirim kendaraan bermotor ke luar kota tentu berbeda dengan pengiriman barang lain atau kirim barang via laut. Jika pengiriman barang lain bisa ditumpuk dan diselipkan, tentu ini tidak bisa diterapkan untuk kendaraan bermotor. Ada perlakuan khusus baik dari pengirim ataupun agen jasa pengiriman. Kendaraan bermorot lebih rentan risiko seperti tergores atau terkena benturan benda lain. Karena tidak mungkin juga mobil atau motor dikemas dalam kardus atau peti.

Berikut ini tips mengirim motor menggunakan jasa pengiriman.

  1. Harga/Tarif Kiriman

Anda pasti tahu ke mana tujuan motor dikirim.  Langkah pertama yang harus Anda tanyakan adalah berapa harga/tarif pengiriman motor ke  kota tujuan. Sebab tarif yang ditetapkan pun berbeda, setiap kota. Kemudian tanyakan juga apakah tarif tersebut seudah termasuk biaya antar sampai ke rumah atau belum.

Sebagai informasi tambahan, harga kirim kendaran bermotor biasanya juga disesuaikan dengan jenis kendaraan. Misal sepeda motor jenis bebek tentu berbeda dengan sepeda motor matic atau motor dengan CC besar.

  1. Kelengkapan Surat-surat

Pastikan surat-surat motor yang akan Anda kirim itu lengkap. Ini penting, karena kelengkapan administrasi akan membantu kelancaran pengiriman.

  1. Pastikan Kondisi Fisik Motor atau Mobil Kiriman

Anda harus memastikan kondisi fisik kendaraan sebelum dikirim. Jika perlu Anda bisa memotretnya terutama di bagian yang rentan terkena goresan atau benturan. Ini untuk memastikan kendaraan Anda aman setibanya di tujuan.

  1. Pilih Jasa Ekspedisi yang Andal dan Terpercaya

Sekarang ini ada banyak ekspedisi yang menyediakan jasa pengiriman kendaraan bermotor. Anda harus memastikan bahwa jasa ekspedisi yang dipilih berpengalaman dan dapat dipercaya. Sebab banyak penawaran mengirimkan motor atau mobil dengan harga murah, tetapi keamanan tidak terjamin.

  1. Pastikan Jenis Transportasi yang Digunakan

Anda harus memastikan jenis trasportasi yang digunakan untuk mengangkut kendaraan bermotor. Apakah menggunakan kapal Roro atau Kapal Pelni, ataukah menggunakan kapal Cargo. Ini terkait dengan keamanan dan juga waktu pengiriman. Jika menggunakan kapal cargo, pastikan kendaraan Anda aman dan tertutup terpal karena tidak ada tempat khusus untuk motor atau mobil. Kiriman kendaraan akan dicampur dengan kiriman lainnya.

Nah, hal-hal tersebut harus diperhatikan betul agar anda merasa aman dan nyaman ketika menggunakan jasa pengiriman kendaraan bermotor di BAM Cargo Jakarta.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami