Jasa pengiriman paling murah semakin bermunculan seiring dengan peningkatan bisnis online di Indonesia. Setiap hari jasa ekspedisi bisa mengirim puluhan ton kiriman yang berasal dari online shop. Bukan hanya dari Jakarta, akan tetapi dari kota-kota lain di Indonesia. Adanya promosi menarik seperti gratis ongkos kirim atau subsidi tarif pengiriman tentu semakin membuat belanja online kian digemari.

Pengiriman barang online, memang bisa dilakukan melalui jasa ekspedisi mainstream. Mereka biasanya menghitung biaya perkilogram. Akan tetapi ada juga pedagang online yang mengirim barang puluhan bahkan ratusan kilogram barang. Baik itu barang dagangan atau bahan baku yang dikirim dari daerah lain.

Itu sebabnya, banyak penjual online, supplier, atau produsen barang yang mencari pengiriman barang termurah. Alasannya karena dapat menekan biaya dan tentu saja laba yang didapatkan akan semakin tinggi. Apalagi jika pembelian dilakukan dalam jumlah banyak, jika semakin laku maka akan semakin banyak orderan yang datang.

Ekspedisi Murah, tapi Berkualitas

Pebisnis online boleh saja mencari ekspedisi murah, akan tetapi mereka tidak boleh mengabaikan fasilitas yang diberikan. Jangan sampai asal murah, namun pelayanan tidak memuaskan. Rugi bandar jadinya jika terjadi sesuatu dengan barang kiriman. Itu sebabnya perhatikan betul pelayanan yang diberikan oleh pihak ekspedisi.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih ekspedisi berkualitas dengan jasa pengiriman paling murah.

  1. Ada Banyak Pilihan Transportasi

Ekspedisi yang berkualitas memiliki banyak pilihan jenis transportasi. Ada laut, darat, dan udara. Mereka juga memiliki kerja sama dengan maskapai laut dan udara. Tujuannya agar barang kiriman dapat diprioritaskan.  Adanya pilihan transportasi tentu lebih fleksibel karena Anda bisa memilih mana yang paling Anda butuhkan.

  1. Jadwal Keberangkatan yang Pasti

Salah satu kendala pengiriman melalui laut adalah pengiriman barang menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal. Ekspedisi yang profesional pastilah memiliki jadwal tetap atau jika tidak ada perkiraan jadwal berangkat. Dan memastikan jadwal keberangkatan kapal. Ini terkait dengan kepuasan konsumen dan juga perkiraan kapan konsumen akan mengirim barang sehingga tidak menunggu terlalu lama.

  1. Rincian Harga yang Pasti

Setiap ekspedisi pasti sudah memiliki daftar harga pengiriman. Namun ada beberapa biaya tambahan seperti biaya pengemasan (jika diperlukan) dan biaya bongkar muat di pelabuhan. Inilah yang harus ditanyakan kepada customer service dan mendapat penjelasan yang detail.

  1. Respons Cepat

Namanya konsumen, pastilah ingin serba cepat. Apalagi pebisnis online yang juga pasti dihujani pertanyaan dari pelanggan mereka terkait kiriman barang. Itu sebabnya, Anda harus memiliih ekspedisi yang bisa melayani dengan cepat pertanyaan, keluhan, atau komplain Anda. Selain itu, mereka juga dengan cepat memberikan tanggapan dan jawaban atas kasus yang terjadi.

Saking banyaknya jasa ekspedisi, Anda memang harus jeli dalam memilih jasa pengiriman paling murah.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami