Kirim barang via laut bisa jadi alternatif selain udara atau darat. Salah satu alasannya adalah pengiriman lewat laut lebih murah dan ekonomis. Perlu dipahami, tidak semua pengiriman lewat laut membutuhkan waktu yang lama. Cepat atau lamanya pengiriman bisa juga ditentukan oleh kapal pengangkutnya.

Kebanyakan ekspedisi antarpulau menggunakan jasa kapal pelni, kapal roro, dan kapal cargo. Meski sama-sama kapal, tetapi mereka punya jadwal keberangkatan yang tidak sama. Jadwal keberangkatan kapal inilah yang menentukan apakah barang kiriman cepat sampai di tujuan atau tidak. Bukan hanya barang kiriman berupa paket, motor atau mobil yang dikirim menggunakan kapal juga ditentukan oleh jenis kapal yang mengangkut.

Lalu apa perbedaan antara kapal roro, kapal cargo, dan kapal pelni dalam hal kirim barang via laut? Berikut penjelasan singkatnya.

  1. Kapal Roro

Kapal roro atau roll on – roll off atau penggerak otomatis untuk kendaraan yang keluar dan masuk.Dikenal juga dengan kapal cepat. Biasanya kapal ini direct atau langsung ke satu tujuan saja, tidak berhenti atau singgah di pelabuhan lain. Biasanya kapal roro ini akan singgah di pelabuhan besar. Jika ada pengiriman ke daerah lain akan diteruskan menggunakan kendaraan darat.

Salah satu kelebihan kapal roro adalah kendaraan kiriman atau kendaraan penumpang diletakkan di bagian dek atau lambung kapal. Kendaraan kiriman pun aman dari panas dan hujan. Cat kendaraan pun lebih aman karena berada di dalam kapal. Risiko kendaraan terkena goresan atau benturan benda lain pun dapat diminimalisasi. Untuk jadwal keberangkatan, kapal Roro memiliki jadwal yang pasti. Tidak perlu menunggu muatan penuh.

  1. Kapal Pelni

Hampir sama dengan kapal roro, Kapal Pelni pun jadi andalan untuk jasa pengiriman barang. Kapal Pelni juga bisa mengirimkan kendaraan seperti motor atau mobil. Akan tetapi, tidak setiap rute dapat menggunakan kapal Pelni, khususnya untuk pengiriman kendaraan. Ada rute atau tujuan tertentu yang tidak bisa mengangkut kendaaraan.

Kapal Pelni juga menjadi transportasi andalan untuk jasa pengiriman barang lewat laut.  Jadwal keberngkatan kapal dan rutenya pun banyak dan lebih luas. Kapal Pelni biasanya jadi andalan untuk mengirim paket-paket container.

  1. Kapal Cargo

Kapal cargo ini memang dikhususkan untuk mengirim barang. Salah satu kelebihannya adalah kapal ini bisa mampir atau singgah di beberapa destinasi pelabuhan. Sehingga jangkauan kiriman lebih luas. Akan tetapi, kelemahannya adalah waktu pengiriman lebih lambat karena harus singgah ke beberapa pelabuhan untuk menurunkan dan menaikkan barang.

Itu sebabnya sebelum Anda kirim barang via laut atau kapal, tanyakan lebih dulu armada jenis apa yang digunakan. Ini akan berpengaruh pada berapa lama barang Anda akan tiba di tujuan.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami