Notice: Fungsi Elementor\Controls_Manager::add_control_to_stack ditulis secara tidak benar. Cannot redeclare control with same name "custom_css". Silakan lihat Debugging di WordPress untuk informasi lebih lanjut. (Pesan ini ditambahkan pada versi 1.0.0.) in /home/bamcar7304/public_html/wp-includes/functions.php on line 6078
data-elementor-type="wp-page" data-elementor-id="6670" class="elementor elementor-6670">

Sebelum Anda Menggunakan Jasa kami Kenali Jalur Distribusi Sesuai Dengan Layanan

Profil BAM Cargo

JENIS LAYANAN BAM CARGO

LAYANAN LCL [ minimal 1 kubik / 30 kg-50 kg-100 kg ]

LCL, singkatan dari Less than Container Load, adalah sebuah layanan pengiriman dalam industri cargo laut yang dirancang untuk mengakomodasi pengiriman barang dalam jumlah yang tidak memenuhi kapasitas penuh dari sebuah kontainer standar. Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengirim yang memiliki volume barang yang relatif kecil dan tidak memerlukan penggunaan seluruh kontainer. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang layanan LCL:

1. Pengertian LCL (Less than Container Load)

LCL memungkinkan beberapa pengirim untuk menggabungkan barang-barang mereka dalam satu kontainer yang sama untuk mengirimkannya ke tujuan yang sama atau berbeda. Proses ini dikenal sebagai konsolidasi, di mana agen atau perusahaan logistik mengumpulkan barang dari beberapa klien untuk diisi ke dalam satu kontainer.

2. Cara Kerja LCL

  • Pengumpulan Barang: Barang dari berbagai pengirim dikumpulkan di gudang penyedia layanan LCL.
  • Konsolidasi: Barang-barang tersebut kemudian dikonsolidasikan berdasarkan tujuan pengiriman mereka dan dimuat ke dalam kontainer.
  • Pengiriman: Kontainer yang telah penuh kemudian diangkut oleh kapal cargo ke tujuan yang ditentukan.
  • De-konsolidasi: Setibanya di tujuan, barang-barang akan dikeluarkan dari kontainer dan didistribusikan kepada masing-masing penerima.

3. Keuntungan Layanan LCL

  • Biaya yang Lebih Rendah: Karena biaya sewa kontainer dibagi dengan pengirim lain, biaya pengiriman per unit barang menjadi lebih rendah dibandingkan dengan menyewa satu kontainer penuh (FCL – Full Container Load).
  • Fleksibilitas: LCL menawarkan fleksibilitas bagi pengirim dengan volume barang yang kecil, memungkinkan mereka untuk mengirim barang tanpa harus menunggu hingga mereka memiliki cukup barang untuk mengisi sebuah kontainer penuh.
  • Jangkauan yang Luas: Layanan LCL seringkali tersedia untuk berbagai tujuan pengiriman, termasuk ke daerah-daerah yang mungkin tidak memiliki volume cukup untuk pengiriman FCL.

4. Kekurangan Layanan LCL

  • Waktu Pengiriman: Karena proses konsolidasi dan de-konsolidasi membutuhkan waktu tambahan, pengiriman LCL bisa memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan FCL.
  • Risiko Kerusakan: Barang-barang dalam pengiriman LCL mungkin lebih sering diangkat dan dipindahkan, meningkatkan risiko kerusakan dibandingkan dengan pengiriman FCL.

5. Kapan Menggunakan LCL?

LCL cocok digunakan ketika:

  • Anda tidak memiliki cukup barang untuk mengisi satu kontainer penuh.
  • Anda ingin mengurangi biaya pengiriman dengan berbagi ruang kontainer dengan pengirim lain.
  • Anda membutuhkan fleksibilitas dalam mengirim barang dengan volume yang bervariasi.

Dalam memilih antara LCL dan FCL, pertimbangkan faktor-faktor seperti volume barang, biaya, waktu pengiriman, dan risiko kerusakan. Bagi banyak pengusaha kecil hingga menengah, LCL menawarkan solusi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan logistik mereka dengan biaya yang lebih terjangkau.

 
 
 
 

LAYANAN FCL

FCL, singkatan dari Full Container Load, adalah sebuah layanan pengiriman dalam industri cargo laut yang memungkinkan seorang pengirim untuk menyewa satu kontainer penuh untuk mengirimkan barang-barangnya. Berbeda dengan LCL (Less than Container Load) yang mengkonsolidasikan barang dari beberapa pengirim ke dalam satu kontainer, FCL memberikan pengirim kesempatan untuk menggunakan seluruh ruang kontainer untuk barang mereka sendiri. Ini adalah solusi yang efisien untuk pengiriman volume besar dan memiliki sejumlah keuntungan spesifik. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang layanan FCL:

1. Pengertian FCL (Full Container Load)

FCL adalah layanan pengiriman di mana satu pengirim menyewa seluruh kontainer untuk mengirimkan barangnya, tanpa harus membagi ruang dengan barang pengirim lain. Kontainer dapat diisi sebanyak mungkin oleh pengirim, asalkan tidak melebihi batas berat yang ditetapkan.

2. Cara Kerja FCL

  • Pemesanan Kontainer: Pengirim membuat pemesanan kontainer FCL melalui perusahaan pengiriman atau agen logistik.
  • Pengisian Barang: Kontainer dikirim ke lokasi pengirim untuk diisi dengan barang-barang mereka.
  • Transportasi ke Pelabuhan: Setelah diisi, kontainer diangkut ke pelabuhan dan dimuat ke kapal cargo untuk pengiriman.
  • Pengiriman: Kontainer diangkut melalui laut ke pelabuhan tujuan.
  • Penerimaan Barang: Di pelabuhan tujuan, kontainer dibongkar dan diserahkan kepada penerima.

3. Keuntungan Layanan FCL

  • Efisiensi Biaya untuk Volume Besar: Untuk pengiriman dengan volume besar, FCL seringkali lebih ekonomis dibandingkan dengan LCL karena pengirim tidak perlu membayar bagi ruang yang tidak digunakan.
  • Waktu Pengiriman Lebih Cepat: Tanpa perlu proses konsolidasi dan de-konsolidasi seperti dalam LCL, pengiriman FCL bisa lebih cepat sampai ke tujuan.
  • Risiko Kerusakan Lebih Rendah: Karena barang tidak diangkat atau dipindahkan bersama dengan barang pengirim lain, risiko kerusakan selama pengiriman lebih rendah.
  • Lebih Banyak Kontrol atas Barang: Pengirim memiliki kontrol penuh atas pengisian dan pengaturan barang dalam kontainer, memungkinkan untuk pengemasan dan pengamanan yang lebih baik.

4. Kekurangan Layanan FCL

  • Biaya Awal yang Lebih Tinggi: Meskipun efisien untuk volume besar, biaya sewa satu kontainer penuh bisa menjadi penghalang bagi pengirim dengan volume lebih kecil.
  • Kurang Fleksibel untuk Volume Kecil: Pengirim harus menunggu sampai mereka memiliki cukup barang untuk mengisi satu kontainer atau bersedia membayar untuk ruang yang tidak digunakan.

5. Kapan Menggunakan FCL?

FCL cocok digunakan ketika:

  • Anda memiliki cukup barang untuk mengisi satu kontainer penuh.
  • Anda ingin pengiriman yang lebih cepat tanpa perlu proses konsolidasi.
  • Anda ingin meminimalisir risiko kerusakan pada barang selama pengiriman.
  • Anda mencari solusi pengiriman yang lebih efisien biaya untuk volume besar.

Memilih antara FCL dan LCL tergantung pada kebutuhan spesifik pengiriman, termasuk volume barang, anggaran, dan timeline pengiriman. Bagi banyak perusahaan dengan kebutuhan pengiriman volume besar secara rutin, FCL menawarkan kombinasi kecepatan, efisiensi, dan biaya yang optimal.

 
 
 
 

CARGO EXPRESS minimal 1KG [kirim paket ,motor,mobil]

Layanan express BAM Cargo merupakan solusi pengiriman barang yang menggabungkan layanan trucking dan kapal RoRo (Roll-on/Roll-off) untuk memberikan pengiriman yang cepat dan efisien. Dalam layanan ini, barang dikirim menggunakan truk untuk perjalanan darat awal, kemudian dilanjutkan dengan pengangkutan menggunakan kapal RoRo untuk menyeberangi perairan menuju tujuan akhir. Berikut adalah penjelasan mengenai layanan express BAM Cargo:

Penjelasan Layanan Express BAM Cargo:

  1. Trucking Awal:

    • Barang dikumpulkan dan dimuat ke dalam truk di titik awal pengiriman.
    • Truk kemudian melakukan perjalanan darat menuju pelabuhan terdekat yang memiliki layanan kapal RoRo atau menuju perjalanan kereta api menuju pelabuhan semarang atau pelabuhan  surabaya .
  2. Pengangkutan dengan Kapal RoRo:

    • Setibanya di pelabuhan, barang-barang tersebut dimuat ke dalam kapal RoRo.
    • Kapal RoRo adalah jenis kapal khusus yang memungkinkan kendaraan dan barang untuk “digulirkan” (roll-on) dan “digulirkan” (roll-off) dari kapal.
  3. Perjalanan Menuju Tujuan Akhir:

    • Kapal RoRo melakukan perjalanan melintasi perairan menuju pelabuhan tujuan di Kalimantan.
    • Setibanya di pelabuhan tujuan, barang-barang tersebut didekonsolidasikan dari kapal RoRo dan dimuat kembali ke truk untuk perjalanan terakhir menuju alamat akhir penerima.

Lite Time:

Lite time atau waktu transit dalam layanan express BAM Cargo diperkirakan antara 2 hingga 4 hari. Waktu ini mencakup perjalanan darat awal menggunakan truk, proses bongkar muat di pelabuhan, perjalanan menggunakan kapal RoRo, dan pengiriman terakhir menggunakan truk menuju alamat tujuan. Estimasi waktu ini disesuaikan dengan jadwal dan kecepatan operasional dari kedua layanan pengiriman, baik trucking maupun kapal RoRo.

Keuntungan Layanan Express BAM Cargo:

  • Kecepatan Pengiriman: Dengan kombinasi layanan truk dan kapal RoRo, pengiriman dapat dilakukan dengan cepat, memungkinkan barang sampai ke tujuan dalam waktu singkat.
  • Efisiensi: Menggabungkan dua mode transportasi ini mengoptimalkan perjalanan barang, mengurangi waktu dan biaya transportasi yang dibutuhkan.
  • Ketersediaan Rute: Layanan ini memungkinkan pengiriman ke wilayah Kalimantan yang mungkin sulit diakses dengan cara pengiriman tunggal, seperti pengiriman darat atau laut saja.

Dengan layanan express BAM Cargo, pengirim dapat menikmati kecepatan pengiriman yang cepat serta efisiensi dalam proses pengiriman barang, memastikan barang sampai tepat waktu dan dalam kondisi yang baik.