Di tengah meningkatnya kebutuhan masyarakat saat ini, kegiatan kirim mengirim barang menjadi sebuah aktivitas yang tidak terpisahkan. Terlebih saat ini kebutuhan pembelanjaan online juga semakin meningkat seperti sekarang ini. Sebagai pemilik bisnis, tentu harus segera menemukan solusi terbaik ketika melakukan kegiatan kirim mengirim barang.

Proses pengiriman yang cepat, hemat dan aman jelas menjadi solusi terbaik. Terlebih untuk pemilik bisnis skala besar, pengiriman barang dalam jumlah besar sudah pasti menjadi bagian dari aktvitas sehari-hari. Dalam aktivitas tersbut jelas dibutuhkan solusi terbaik mengenai kegiatan pendistribusian barang. Lalu bagaiman solusi terbaik untuk mengirimkan barang ke berbagai daerah dalam skala besar?

Apa Itu Kargo?

Kargo merupakan jenis barang yang bisa dikirim melalui beberapa jalur transportasi, yaitu udara, laut maupun darat. Barang yang dikirim menggunakan cargo sebagian besar merupakan barang untuk kebutuhan perdagangan. Lokasi pengirimannya juga variatif, bisa untuk antara wilayah/kota, dalam negeri hingga antar negara. Kargo memiliki peranan yang sangat besar dalam kegiatan ekspor dan impor.

Semua jenis barang kecuali untuk benda-benda pos serta bagasi penumpang akan dikategorikan sebagai barang kargo. Pengiriman via cargo dilakukan dengan melibatkan beberapa pihak. Ada pihak yang nantinya mengirim serta menerima barang, pihak untuk mengangkut barang, hingga pihak operator.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang bergerak dalam jasa kirim kargo. Salah satunya bam cargo

Kategori Kargo 

Terkait dengan proses pengiriman kargo sesuai dengan cara penanganannya kargo akan dibagi dalam dua jenis golongan besar, diantaranya general cargo serta special kargo. Di sisi lain sesuai dengan metode pelayanan yang diberikan serta jenis produknya, kargo dikategorikan dalam beberapa bagian diantaranya general cargo serta special shipment dan juga specialized cargo product.

Adapun penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut.

Kategori General Cargo
Jenis barang kiriman biasa yang tidak membutuhkan penanganan khusus masuk dalam kategori general cargo. Meskipun demikian, tetap harus sesuai dengan syarat yang ada dalam aspek safety. Barang seperti pakaian, peralatan olahraga, peralatan kantor dan juga barang untuk kebutuhan rumah tangga masuk dalam kategori general cargo.

Kategori Special Cargo
Namanya saja sudah spesial, jelas dibutuhkan penanganan khusus dalam proses pengirimannya. Kargo kategori special ini membutuhkan penanganan secara khusus atau yang dikenal dengan “special handling”. Jenis barang seperti AVI, DG, PER, PUSPEM dan sebagainya masuk dalam jenis barang kategori khusus.

Kategori Irregularity Cargo
Jika mengacu pada ketentuan yang ada dalam SBU Garuda, kategori selanjutnya ini adalah bagian dari permasalahan karena penanganan yang kurang maksimal. Beberapa pihak ada yang mengkategorikan irregularity merupakan jenis penyimpangan yang diakibatkan oleh pelayanan lapangan yang tidak memenuhi standar operation procedure. Lebih dari itu, irregularity cargo bisa juga diistilahkan sebagai bagian dari proses pengiriman serta penerimaan yang jauh dari prosedur.

Jangan Lupa Perhatikan Prosedur Pengiriman Kargo Yang Benar

Setiap kegiatan kirim mengirim jelas tidak terlepas dari sebuah prosedur. Hal ini dihadirkan supaya pihak-pihak yang terkait saling dimudahkan. Terlebih di era seperti sekarang ini dimana sudah banyak sekali pihak yang bergerak dalam jasa pengiriman barang. Dengan teknologi yang semakin berkembang, proses pengiriman juga lebih cepat.

Kehadiran layanan pengiriman barang satu ini merupakan bentuk kemudahan untuk masyarakat supaya bisa melakukan pengiriman barang dengan mudah. Terlebih ketika membutuhkan pengiriman dalam jumlah yang besar serta menempuh jarak yang jauh.

Dengan demikian supaya kegiatan kirim mengirim barang bisa berjalan dengan lancar, penting semua pihak paham dan menaati prosedur yang sudah ditetapkan.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami