Pada pembahasan Sejarah cargo dunia pertama ini kita akan membahas cukup panjang yaitu era sejarah dunia cargo mulai dari era paling awal dimana mulai dipergunakannya kendaraan beroda yaitu era perunggu (Bronze Age) jadi siap kan teh atau kopi kalian sebelum membaca artike yang akan cukup panjang ini. Tapi sebelum kita memasuki artikelnya alangkah lebih baik kita mengetahui apa itu cargo/Karg secara tata bahasa kargo merupakan serapan dari bahasa inggris “”Cargo” yang berarti dapp diartikan untuk “Muatan,” dari Lat carrus, Mobil), muatan kapal, atau barang (atau bahkan, angkutan tanpa orang) diangkut di atas kapal; dan dengan analogi ini memunculkan istilah yang digunakan untuk dunia jasa pengiriman barang saat ini yang juga menjadi standar penebutannya sesuai dengan undang – undang maritim di Inggris yang mempengaruhi pembagian berbagai jenis muatan kapal dan spesialisasi kapal untuk pengangkutan

Jadi, kargo sendiri dapat diartikan jasa pengiriman  product maupun barang  yang di komersialkan melalui jalur darat, laut, maupun udara dan berbagai macam tipe – tipe angkutan yang dapat menghandle. untuk era awal jasa pengiriman barang pertama kali memang  berada disekira zaman pra-sejarah  dimana Era 150.000 Tahun yang lalu di sekitaran meditarian sudah memulai kontak dengan beberapa cultur yang berbda  dan mulai menerapkan transaksi berter antar barang namun belum spesifik ke arah layanan kargo.

ERA PERUNGGU (BRONZE AGE)

Storck Harbour scene.jpg

Era pengiriman barang pun berkembang pesat di Perunggu (bronze age) dimana perdagangan mulai menumukan titik perkembangan yang pesat dimulai dari peradaban Lembah Indus, Mesopotamia dan Mesir Kuno mereka saling mengirimkan barang dan berdagang antar peradaban atau bisa antar negara seperti kita sekarang. Biasanya Layanan pengiriman barang yang mereka gunakan melalui Jalur Darat menggunakan kereta berkuda untuk mengantarkan rempah -rempah ataupun hasil tekstil peradabannya.

namun dibalik pesatnya perkembangan jasa layanan pengiriman melalui jalur darat sering sekali terjadinya pemerasan dan perampkan di jalur perdagangan karna tidak ada peraturan ketat jalur darat terbilang jalur yang ekstream saat Era Perunggu ini, Akhirnya Pedagangan lebih memilih menggunakan Jasa Layanan Pengiriman melalui jalur Laut, di Era ini Sungai Nil menjadi tempat yang diketahu menjadi tempat pengiriman barang kargo pertama di eranya. Pada Era ini juga mulai ditemukan dimana mana tempat perhentian barang (Drop Point) atau Perhentian Caravan barang  di Pelabuan Kapal.

ERA JALUR SUTRA (JALUR TERBESAR KARGO DI ERA KUNO)

Peta Jalur Sutra di Era awal perkembangan kargo

Kisah melagenda seputar julur sutra dari berbagai negara sering kali kita dengarkan. Banyak kejadian yang cukup menarik yang ada di era Jalur Sutra ini. Setelah melewati masa yang cukup panjang dan teknologi terus maju. Kebutuhan berbagai beradaban diselur dunia pun terus meningkat sehingga diperlukannya Jasa layanan pengiriman barang yang lebih luas. Lalu ditemukan lah yang dinamakan “Jalur Sutra” sebuah Jalur yang menghubungkan Benya Asia, Eropa dan Afrika saat itu.

Jalur Sutra sendiri dimulai di era dinasti han di china yang mulai melakukan hubungan diplomatrik dengan india, persia, dan kekaisaran rima  saat itu dan  Kekaisaran romawi mulai melakukan aktifitas dagang dengan india  dan muncunya3 pelabuhan utama yaitu Pelabuhan Roman, arsing dan Berenice atau Moor Hormones

Jasa Layanan pengiriman barang yang mereka lakukan saat ini adalah jasa pengiriman melalui Darat dan Laut. Era Jalur Sutra dimulai  Ketika Awal Kerajaan Yunani hingga kejatuhan kekaisaran Roma di Tahun 5 Masehi. Seperti yang kita ketahui sebelumnya di era awal perdagangan jalur darat merupakan jalur paling rawan akan perampokan namun sekarang Jalur Laut juga menjadi tempat yang juga tidak aman di lalui oleh Kargo Kargo. Untuk itu  dimulailah Era Pengamanan Jalur perdagangan yang dimulai dari Kerajaan Rima  yang membuat jaringan pelabuhan  dan membangkitkan kekuatan tempur armada laut yang kuat.

MUNCULNYA PERATURAN PER-KARGOAN

Seperti yang kita ketahui jika peradaban yunani merupakan dewa perdagangan saat zaman perunggu ini. dan di era ini pun mulai diterapkannya  pajak untuk pengiriman barang yang dilakukan berbagai pedaganang dan era bebas dagang juga dimulai di era ini dan terus membangun sebuah sistem kargo yang lebih sistematis dan terstruktur untuk kepentingan komunitas dagang yang mereka tangani.

Lalu apakah indonesia negara kita tercinta turut ikut dalam sejarah kuno perkembangan layanan jasa dan Cargo inI ? Tentu saja karna indonesia juga merupakan yang saat itu dikenal sebagai Nusantara merupakan julur perdagangan terpadat dan menjadi salah satu pusat rempah dunia selain india. Saat era kargo pengirimana barang ini mulai di Indonesia, Peraturan seperti harus memiliki lisensi untuk mengirimkan barang juga diterapkan di berbagai negara untuk bisa barang nya masuk kesuatu pelabuhan negara.

Untuk lebih pahamnya ini adalah kronologi  perkembangan kargo di era kuno : 

  1. Catatan dari abad ke-19 SM membuktikan keberadaan koloni pedagang Asiria di Kanesh di Kapadokia.
  2. Domestikasi unta (Kargo jalur darat dimulai ) Sekitar 2.000 SM memungkinkan perantau Arab untuk mengendalikan perdagangan jarak jauh dalam rempah-rempah.
  3. Orang Mesir berdagang di Laut Merah, mengimpor rempah-rempah dari “Tanah Punt” dan dari Arab.
  4. Barang India dibawa dengan kapal Arab ke Aden (DIMULAI NYA ERA KARGO JALUR LAUT). “Kapal-kapal Tarshish”, armada Suriah yang dilengkapi Ezion-Geber, melakukan beberapa perjalanan dagang ke Timur membawa kembali emas, perak, gading, dan batu-batu berharga.
  5. Goliath-Pileser III menyerang Gaza untuk mengendalikan perdagangan di sepanjang Rute Dupa.
  6. Dinasti Ptolemeus Yunani memanfaatkan peluang perdagangan dengan India sebelum keterlibatan Romawi. Kargo dari perdagangan India dan Mesir dikirim ke Aden.
  7. Perdagangan Romawi dengan India menurut Periplus Maris Erythraei, abad ke-1 M.Jalan Sutra didirikan setelah perjalanan diplomatik utusan Tiongkok Dinasti Han, Zhang Ian ke Asia Tengah, dengan barang-barang China menuju India, Persia, dan Kekaisaran Romawi, dan sebaliknya.Dengan berdirinya Mesir Romawi, Romawi memulai perdagangan dengan India.
  8. Barang-barang dari perdagangan Afrika Timur mendarat di salah satu dari tiga pelabuhan utama Romawi, Arsing, Berenice, atau Moos Hormon.
  9. Pelabuhan Moos Hormon dan Berenice (menjadi terkenal selama abad ke-) telah menjadi pelabuhan perdagangan kuno yang penting.
  10. (Dimulainya peraturan dagang dan Kargo) Hanger mengendalikan rute perdagangan sutra melintasi Arab ke Mediterania dan melakukan kontrol atas perdagangan aromatik ke Babel pada abad ke-1 SM.  Selain itu, itu berfungsi sebagai pelabuhan masuk untuk barang yang dikirim dari India ke Timur.
  11. Karena posisinya yang menonjol dalam perdagangan Jalur Sutra,Mekah Pra-Islam menggunakan Rute Sutra lama untuk mendapatkan keuntungan dari permintaan Romawi yang tinggi untuk barang-barang mewah.
  12.  (Dimulainya Kargo Di Indonesia) Di Jawa dan Kalimantan, pengenalan budaya India menciptakan permintaan aromatik.
  13. (runntuhnya kargo jalur darat di Jalur Sutra ) Pos-pos perdagangan ini kemudian melayani pasar Cina dan Arab. Menyusul runtuhnya perdagangan jalur sutra (Jalur daratnya), Yaman melakukan ekspor kopi melalui pelabuhan Laut Merah bernama la-Mocha.

 

ARMADA KARGO ERA KUNO :

  1. Manusia (Jalan Kaki)
    Ya kalian tidak salah dengar Manussitu sendiri merupakan Armada Kargo pertama menggunkan kaki mereka. Moda transportasi pertama yang ditemukan manusia adalah menggunakan anggota tubuhnya sendiri untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Laki-laki zaman batu adalah pemburu dan pengumpul. Mereka melakukan perjalanan ke tempat-tempat makanan dan tempat berlindung tanpa menggunakan apa pun kecuali kaki mereka. Pada Era Perunggu dimana saat itu seperti yang disebutkan diatas era perdagangan sangat pesat banyak juga yang namanya kurir biasanya mengantarkan barang dari pelabuhan ke gundang penyimpanan.
  2. Hewan: Zaman batu orang akhirnya belajar menjinakkan hewan. Kuda dan keledai di pergunakan sekitar 4000 dan 3000 SM. Unta dijinakkan kemudian antara 3000 dan 2000 SM. Orang-orang menyadari bagaimana memanfaatkan daya dan memuat kekuatab dukung hewan untuk pekerjaan mereka sehari hari. Mereka menggunakannya untuk membawa muatan mereka dan untuk mengangkutnya dari satu tempat ke tempat lain.Ini adalah dasar dasar transportasi di darat yang belum berubah hingga saat ini.
  3. Kereta luncur: Sebelum penemuan roda, beban berat dengan bentuk dan ukuran yang tidak sesuai perlu dilakukan. Manusia purba menggunakan kereta luncur. Itu adalah platform kayu yang digunakan untuk membawa benda-benda berat. Papan halus digunakan untuk memudahkan pergerakan bingkai kayu. Dengan tambahan kekuatan hewan, kereta luncur menjadi lebih bermanfaat. Hewan memikul beban bukannya manusia membebaskan mereka dari pekerjaan yang berat. Kereta luncur sedang digunakan setidaknya dari 7000 SM. dan ini merupakan nenek moyang dari hand pallet zaman sekarang 
  4. Roda: Penemuan revolusioner yang mengarah pada pengembangan industri adalah roda. Anda dapat menemukan roda di setiap mesin yang dapat ditemukan. silinder yang menggelinding di tepinya digunakan untuk membuat platform stasioner yang stabil dan mudah dipindah. Konstruksi kombinasi roda dan gandar merupakan tantangan saat itu. Dengan munculnya zaman perunggu, manusia purba sudah menjadi terampil dalam menggunakan alat-alat logam keras. Jadi penemuan roda keluar selama zaman perunggu. Roda paling awal ditemukan di Mesopotamia sekitar 3.500 SM.
  5. Gerobak: Gerobak paling awal ditemukan terjebak di lumpur di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Zurich. Gerobak terbentuk setelah penemuan roda sekitar 3000 SM. Gerobak memiliki dua roda kayu yang solid yang disatukan menggunakan poros yang bergerak bersama dengan roda. Gerobak adalah kendaraan besar yang beratnya hampir satu ton. Gerobakadalah transportasi beroda pertama yang diketahui. Biasanya gerobak ditarik oleh lembu. Sekitar 2000 SM bentuk transportasi ini mendapatkan popularitas di wilayah yang luas mulai dari Eropa utara hingga Persia barat dan Mesopotamia.Roda kendaraan besar itu terbuat dari sepotong kayu atau tiga papan yang disatukan. Desain gandar bervariasi, kadang gandar bergerak dengan mereka, kadang-kadang roda bergerak di atasnya. Kecepatan bukanlah karakteristik gerobak. Gerobak biasanya digunakan untuk mengangkut raja di atas singgasananya selama upacara publik dengan kecepatan 2 mil per jam.
  6. Chariot: Dengan semakin berlalunya waktu dan kuda menjadi primadona transportasi saat itu yang lebih cepat. Ini memunculkan kereta yang datang sekitar 2000 SM. Chariot adalah kendaraan dengan superstruktur kayu ringan yang dipegang dengan dua roda. Roda berongga dan dibuat pelek menggunakan kayu bengkok. Mereka ditahan menggunakan jari-jari.Ini ditarik oleh satu atau beberapa kuda dan memiliki berbagai kegunaan. Itu menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan dalam perang. Kereta yang digunakan untuk membawa dua orang satu yang digunakan untuk mengendarainya dan yang lain yang digunakan untuk melawan musuh. Itu adalah sumber daya yang digunakan untuk keluar masuk perang. Ia bisa menempuh jarak 8 mil per jam dengan berlari dan bisa melaju hingga 16 mil per jam sambil berlari. Kereta juga digunakan untuk tujuan rekreasi seperti balapan di pertandingan Olimpiade dan Circus Maximus Romawi.
  7. Kapal Laut : Pada era kuno ini kapal laut menjadi primadona untuk armada untuk kargo karna muatan yang sangat besar dan dapat menempuh jarak yang sangat jauh lebih cepat. Dimulai pada  tahin antara  1.300 dan 900 sebelum masehi dimulai dengan Kapal Layar 2 tempat miliiplunesia dan terus berkembang menjadi kapal dagang besar seperti kapal daganng milik china dan arab yang dapat memuat berton – ton muatan dan dikirim ke berbagai benua saat itu (mirip kapal kontainer saat ini) pada saat era ini ada dua kapal kargo paling terkenal kapal santa maria milik kolombus dan kapal dagang cheng ho yan super besar dari china.

Kapal Dagang China Milik Panglima Cheng ho (Zheng He)

Referensi : 

http://blog.goodsonmove.com/2017/03/top-7-ancient-road-transport.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Trade#History

https://en.wikipedia.org/wiki/Bronze_Age#Trade

https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_transport#Trade

https://en.wikipedia.org/wiki/Timeline_of_international_trade#Ancient

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami