Jasa ekspedisi barang dibutuhkan bukan hanya oleh pebisnis partai kecil atau besar. Akan tetapi, juga dibutuhkan banyak orang untuk mengirimkan kebutuhan pribadi mereka. Ada beberapa macam jenis pengiriman melalui ekspedisi. Antara lain pengiriman barang lewat laut, udara, darat. Ada pula penyewaan truk dan mobil box untuk pengiriman barang dengan jumlah lebih besar. Anda juga bisa mengirimkan melalui darat, udara maupun jasa ekspedisi laut murah.

Kendati pihak ekspedisi sudah menyediakan asuransi dan jaminan keamanan bukan berarti kiriman Anda berisiko. Anda juga harus mengamankan sendiri barang kiriman, untuk meminimalisasi kerusakan atau kehilangan barang. Apalagi barang yang dikirim berjumlah banyak, sepertinya wajib untuk diamankan sebagai antisipasi.

Berikut ini tips aman menggunakan jasa ekspedisi barang, agar Anda juga tidak was-was. Jaminan keamanan dan asuransi dari pihak ekspedisi hanya sebagai tambahan saja,.

  1. Baca Dulu Syarat Dan Ketentuan Pihak Ekspedisi

Syarat dan ketentuan pengiriman barang secara umum sama, antara jasa ekspedisi barang satu dan lainnya. Akan tetapi, ada syarat dan ketentuan yang berbeda, inilah yang harus Anda cermati dan baca dulu syarat dan ketentuan yang berlaku. Lakukan ini sebelum memproses pengiriman barang Anda. Jika ada yang tidak jelas atau tidak sesuai Anda bisa menanyakan ke customer service untuk mendapatkan penjelasan lebih detail.

  1. Packaging Atau Pengemasan Paket

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah pengemasan paket. Anda tidak bisa asal bungkus saja untuk pengiriman jarak jauh. Keamanan kiriman berawal dari cara Anda mengemas barang.  Anda bisa menambahkan packing tambahan jika diperlukan. Pihak jasa ekspedisi barang biasanya menyediakan kemasan kayu jika diperlukan.  Untuk kiriman pecah belah, Anda bisa mengemasnya menggunakab bubble wrap di bagian dalam. Jika diperlukan Anda bisa mengemas ulang dengan kayu.

  1. Foto Paket Anda

Anda bisa mengambil foto pada paket Anda sebelum mengirimnya. Ini sebagai dokumen untuk mengingat dan memastikan kondisi paket sebelum dikirim. Penerima jyga sebaiknya segera membuka barang kiriman agar lebih aman dan cepat mengajukan komplain jika terdapat kerusakan. Beberapa ekspedisi menyarankan penerima membuka paket ketika kurir datang sehingga jika terdapat kerusakan dapat langsung diproses untuk klaim dan asuransinya.

  1. Asuransi Barang

Sebagian ekspedisi ada yang memberikan asuransi ada pula yang tidak. Inilah yang harus Anda perhatikan. Jika kiriman Anda banyak, tidak ada salahnya menanyakan apakah barang kiriman Anda tersebut diasuransikan atau tidak. Ini sebagai langkah antisipasi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang.

  1. Jangkauan Kiriman

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah jangkauan kiriman. Apakah jasa ekspedisi barang Anda mengantar langsung sampai ke alamat tujuan ataukah hanya berhenti di agen saja. Beberapa ekspedisi memberikan layanan kirim langsung. Akan tetapi, ada juga yang hanya tiba di agen saja, kemudian penerima mengambil sendiri.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami