Berbelanja online sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang sejak beberapa tahun ke belakang. Namun ketika pandemi Covid-19 seperti sekarang, berbelanja online adalah hal yang sangat direkomendasikan dan harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Nah memang berbelanja online dapat mencegah penyebaran virus Corona, karena kamu tidak perlu keluar rumah dan bertemu orang. Namun juga tidak menutup kemungkinan kalau paket-paket yang kamu terima dari luar rumah tidak terpapar virus Corona. Padahal salah satu hal yang mengasyikan dari berbelanja online adalah ketika menunggu paket datang, pasti kalian semuanya pernah merasakannya kan?

Menurut para ahli, virus Corona dapat menempel pada benda dari tembaga selama 4 jam, benda dari karton selama 24 jam, benda dari plastik dan stainless steel selama 3 hari, benda dari kayu selama 4 hari, dan benda dari kaca yang bisa bertahan hingga 5 hari. Walaupun dengan berbelanja online kamu tetap berisiko terpapar virus Corona, namun kemungkinan terpaparnya akan jauh lebih rendah dibandingkan kamu bepergian ke luar rumah.

Nggak usah khawatir, kamu tetap bisa kok melakukan pencegahan penyebaran virus Corona yang mungkin saja berasal dari paket-paket yang kamu terima. Caranya nggak sulit kok, yang penting kamu ada kemauan untuk sedikit merepotkan diri dibanding biasanya. Penasaran kan bagaimana caranya? Makanya jangan sampai kamu lewatkan artikel ini, karena bamcargo udah menyiapkan tips membuka paket saat pandemi agar kamu tidak terkena virus. Yuk langsung kamu simak aja di bawah ini!

Tips Membuka Paket Saat Pandemi Agar Tidak Terkena Virus

1. Ketika Paket Diantar Pastikan Kamu Memakai Masker

Di masa pandemi seperti sekarang ini, masker sudah menjadi kewajiban untuk dipakai kapanpun dan dimanapun, bahkan ketika hanya mengambil paket di depan rumah. Kita tidak akan tau apakah ada virus yang menempel pada paket atau tidak, sehingga kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga diri dari virus. Kebanyakan pembungkus paket berbahan kardus atau karton, sehingga seperti yang dijelaskan di atas virus Corona dapat menempel hingga 24 jam. Untuk itu kamu disarankan menggunakan masker medis atau di atasnya dan usahakan jangan memakai masker kain atau buff.

2. Letakkan Paket Ditempat Khusus

Sebelum membawa masuk ke dalam rumah, kamu bisa meletakkannya dulu di garasi atau di teras. Usahakan kamu meletakkannya di luar ruangan yang memiliki banyak sirkulasi udara, sehingga virus dan kuman yang menempel tidak terbawa masuk ke dalam rumah. Pastikan juga tempatnya jauh dari orang agar tidak menginfeksi mereka yang berdekatan dengan paket kamu. Jika kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk mengangkat dan memindahkan paket, pastikan orang tersebut juga menggunakan masker dan melakukan langkah pencegahan penyebaran virus Corona.

3. Semprot Paket dengan Pembersih Kuman

Pastikan kamu memiliki pembersih kuman atau disinfektan untuk membersihkan barang-barang dari luar sebelum memasuki rumah. Nah kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan setiap paket dari virus dan kuman. Lakukan pembersihan dengan melakukan penyemprotan hingga 3 kali ke kemasan paket. Menurut para ahli, disinfektan dapat membunuh kuman dalam waktu 10 menit. Tentu ini hanyalah langkah pencegahan, karena virus Corona belum bisa dipastikan mati dengan cepat apabila menggunakan disinfektan atau pembersih kuman.

4. Buka Paket Menggunakan Gunting atau Cutter

Setelah melakukan langkah pencegahan penyebaran virus, kamu bisa langsung membuka paket kamu dengan menggunakan alat seperti gunting atau cutter. Ketika membuka paket, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker. Kamu bisa melakukannya di luar ruangan atau di dalam ruangan, tergantung keinginan kamu. Namun akan sangat direkomendasikan jika kamu membuka paket di luar ruangan, untuk tetap menghindari penyebaran virus Corona di dalam rumah.

5. Cuci Tangan Setelah Membuka Paket

Seringkali kita tidak sadar ketika menyentuh bagian wajah dengan menggunakan tangan, padahal kita tidak tau apakah tangan kita sedang dalam keadaan bersih atau tidak. Apalagi setelah membuka paket yang berasal dari luar dan sering dipegang oleh banyak orang. Nah untuk itu kamu harus mencuci tangan setelah membuka paket, karena mencuci tangan adalah langkah pencegahan penyebaran virus Corona yang paling ampuh. Tentu sangat disarankan apabila kamu menggunakan air mengalir dan sabun antiseptik dibanding hand sanitizer. Selain mencuci tangan, bersihkan juga peralatan-peralatan yang kamu gunakan untuk membuka paket seperti gunting atau cutter.

6. Bersihkan Isi Paket Kamu dengan Menggunakan Sanitizer atau Desinfektan

Nggak hanya kemasan paket saja yang harus dibersihkan, isi paket kamu juga harus dibersihkan menggunakan sanitizer atau disinfektan. Tidak menutup kemungkinan isi paket kamu juga bisa terpapar virus Corona, walaupun berada di dalam tempat tertutup dalam jangka waktu yang lama. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, virus Corona bahkan bisa bertahan hingga 5 hari di permukaan benda. Jadi kamu harus tetap waspada supaya virus yang menempel tidak terbawa ke dalam rumah dan terhirup oleh kamu dan penghuni rumah lainnya.

7. Buang Sampah Paket yang Jauh

Setelah beres membuka isi paket, jangan lupa untuk membuang sisa-sisa kardus dan plastik pembungkus ke tempat sampah. Nah disarankan kamu membuang langsung ke tempat sampah yang berada di luar rumah ya, supaya tidak ada virus yang terbawa ke dalam rumah! Atau kamu juga bisa membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu dan diikat dengan rapat. Mudah kan cara-caranya? Walaupun sedikit merepotkan, namun akan berdampak banyak bagi kamu dan orang-orang disekitar kamu!

Pokoknya kamu nggak perlu khawatir, dengan melakukan semua cara-cara di atas akan membantu kamu mengurangi kemungkinan terpapar virus Corona. Jadi nggak perlu parno ya, karena berbelanja online jauh lebih baik dibandingkan berbelanja offline yang mengharuskan kamu pergi ke luar rumah. Nah biar kamu makin merasa aman, kamu bisa menggunakan layanan pengiriman bamcargo untuk mengirim setiap barang yang kamu beli. Soalnya bamcargo selalu melakukan langkah preventif seperti penyemprotan disinfektan pada fasilitas operasional dan juga membekali karyawan yang bertugas dengan masker dan sarung tangan.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami