Ekspedisi pengiriman tidak hanya bisa mengangkut paket barang hasil belanja online. Akan tetapi bisa juga kirim motor ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, dengan begitu bisa lebih mudah dan praktis.

Biasanya pengiriman motor dilakukan oleh ekspedisi berskala besar yang sudah memiliki armada truk atau kapal. Dilihat dari segi bobot dan nilai barangnya, tentu saja pengiriman motor berbeda dengan pengiriman paket barang biasa.

Nah, sebelum Sobat bamcargo mengirimkan motornya, ada beberapa tips penting mengirim motor.

Tips Kirim Motor Lewat Jasa Ekspedisi
Untuk menghindari body motor dari resiko lecet atau patah pada beberapa bagian, maka perlu menggunakan tips di bawah ini.

1. Packing Motor dengan Benar

Sobat bamcargo bisa packing sendiri motornya atau memilih perusahaan ekspedisi yang menyediakan jasa packing motor. Dengan packing motor yang benar maka setiap sisi body motor lebih terlindungi.

Pastikan motor dikemas secara profesional sehingga benar-benar terlindungi. Bila perlu seluruh bagiannya dikemas atau tertutupi kecuali bagian ban.

2. Lumasi Bagian Penting

Estimasi ekspedisi untuk kirim motor kamu biasanya tidak selalu tepat waktu, apalagi jika pengiriman antar pulau. Untuk mengantisipasi keterlambatannya maka perlu melumasi bagian tertentu yang mudah karatan atau aus.

Biasanya bagian rantai, persneling, shockbreaker hingga rem mudah mengalami karatan.

3. Periksa Motor Ketika Dijemput atau Diantar

Periksa secara detail agar kamu tahu apakah mengalami kerusakan atau tidak. Bahkan untuk berjaga-jaga, Sobat bamcargo bisa memfoto bagian-bagian tertentu dan dikirimkan ke calon penerima motor.

4. Pastikan Motor dalam Keadaan Off

Pastikan motor dalam keadaan off atau bahkan putuskan sambungan listriknya agar motor tetap aman. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan motor oleh jasa pengiriman motor.

Ongkos Kirim Paket Motor
Dengan memilih jasa ekspedisi pengiriman, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Untuk urusan ongkos kirim motor, biasanya ditentukan oleh ukuran motor itu sendiri.

Berikut ini rincian biaya kirim motor secara umumnya ya, untuk lebih jelasnya nanti bisa ditanyakan ke bamcargo.id atau juga jasa ekspedisinya.

Tarif dikelompokkan berdasarkan jenis motor dan tujuan pengiriman. Motor dengan kapasitas kurang dari 125cc, motor dengan kapasitas 150cc – 200cc, motor dengan kapasitas 200cc – 250cc dan motor dengan kapasitas di atas 250cc.
Biaya pengemasannya kisaran Rp. 100.000 sampai Rp. 250.000, biaya ini masih bisa berubah ya!
Asuransi biasanya dihitung sebesar 0,2% dari harga motor kamu saat ini.
Biaya di atas masih bisa mengalami perubahan tergantung dari ekspedisi yang kamu pilih.

Tak ada salahnya kirim motor lewat ekspedisi karena beberapa ekspedisi juga bisa dipercaya. Seperti halnya biaya kirim motor via JNE bisa dibilang terjangkau dan dipercaya oleh banyak konsumen.

Syarat Pengiriman Motor Lewat Ekspedisi
Agar proses pengiriman bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya Sobat bamcargo juga memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan seperti sebagai berikut:

  • STNK Asli yang masih aktif atau masih berlaku.
  • Disertai dengan kunci motor ketika pengiriman.
  • Fotocopy KTP Pengirim.
  • Tangki BBM dikosongkan dan kabel aki dilepas.
  • Untuk beberapa daerah tujuan, wajib menyertakan surat jalan dari kepolisian dilengkapi fotocopy BPKB.

Kini, tak ada halangan lagi untuk kirim motor ke kampung halaman, apalagi jika motornya diperuntukkan untuk orang tua. Pasti orang tua semakin bangga karena kamu sudah memberinya motor yang diinginkan. Sobat bamcargo, mau paket motor atau paket barang lainnya kini bisa menggunakan jasa bamcargo loh

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami