Jasa pengiriman pindahan rumah dibutuhkan bukan hanya untuk mereka yang pindah dalam kota atau antarkota saja. Jasa tersebut juga diperlukan oleh mereka yang pindah antarpulau.  Pindahan antarpulau tentu berbeda. Anda harus jeli memilih mana barang yang akan dibawa dan yang tidak.

Mengapa semua barang tidak perlu dibawa? Pertama agar Anda tidak repot ketika mengurus barang-barang pindahan. Apalagi jika kepindahan Anda itu hanya sementara waktu saja. Tentu Anda akan kerepotan mengemas barang kembali jika harus pindah ke luar kota atau bahkan luar pulau berikutnya hal ini juga penting jika Anda melakukan kirim barang via laut.

Itu sebabnya pilih barang-barang yang penting dan berharga untuk Anda bawa. Namun tidak semua barang bisa Anda kirim menggunakan jasa pengiriman barang. Barang berharga seperti perhiasan dan surat-surat penting sebaiknya disimpan dan dibawa tersendiri. Jika perlu Anda menyimpannya di bank.

Memilih jasa pengiriman barang khususnya untuk pindahan rumah bukan hal yang mudah. Anda pasti punya kekhawatiran yang beragam. Misal takut barang hilang, atau box pindahan dibongkar orang tak bertanggung jawab. Ada juga khawatir barang tidak sampai atau ada kerusakan pada barang kiriman.

Untuk menghilangkan rasa khawatir Anda, berikut ini tips memilih jasa pengiriman barang pindahan rumah yang dapat diterapkan.

  1. Bertanya pada Teman atau Saudara

Paling tidak ada satu atau dua orang kerabat atau teman pernah pindah antarkota bahkan antar pulau. Jika ada, cobalah bertanya kepada mereka dan minta rekomendasi jasa pengiriman yang dapat dipercaya. Biasanya mereka akan menceritakan pengalaman pindahan menggunakan jasa pengiriman tersebut.

  1. Cari Tahu Testimoni dari Pelanggan Lain

Ekspedisi yang bonafit pastilah memiliki media sosial atau website untuk  merekam testimoni dari pelanggan. Anda bisa membaca komentar pelanggan sebelum Anda untuk meyakinkan tentunya. Semakin banyak komentar positif artinya, Anda tidak salah memilih jasa ekspedisi.

  1. Periksa Legalitas Izin Jasa Pengiriman

Sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman barang pindahan rumah dengan harga murah. Jangan tergiur duu dengan harga murah. Anda harus melihat izin dan legalitas perusahaan. Nantinya ini terkait dengan proses pengiriman barang terutama di pelabuhan jika Anda mengirim barang antarpulau.

  1. Asuransikan Barang

Pastikan barang yang Anda kirim tersebut diasuransikan oleh pihak jasa ekspedisi. Jika Anda mengirim kendaraan seperti mobil, tidak ada salahnya Anda juga memiliki asuransi kendaraan . Ini sebagai langkah antisipasi jika terjadi sesuatu selama proses pengiriman.

Sebagai tambahan, sebaiknya Anda juga tidak mengemas makanan, tanaman, dan juga perhiasan dalam paket. Makanan tentu saja akan rawan basi. Sementara itu, untuk tanaman akan ada izin tersendiri dari balai karantina jika terdapat kiriman berupa tanaman. Jika perhiasan karena alasan keamanan. Jadi, Anda harus benar-benar selektif ketika memilih jasa pengiriman pindahan rumah.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami