Banyak orang mencari jasa ekspedisi paling murah. Bukan hanya untuk kepentingan bisnis, akan tetapi juga kepentingan pribadi. Misalnya mengirimkan barang untuk keluarga di kampung halaman atau pindahan rumah. Jika mengirim barang satu atau dua kilo barangkali bisa menggunakan jasa ekspedisi mainstream. Akan tetapi, menjadi cukup lumayan di kantung, jika jumlah barang yang dikirim mencapai puluhan bahkan ratusan kilogram.

Sebagai alternatif, pelaku bisnis atau individu akhirnya memilih jasa ekspedisi paling murah yang bisa mengirim dalam jumlah banyak dan tentu dengan harga miring. Cukup lumayan jika Rp 25.000 perkilogram untuk kiriman 100 kilogram,membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lain halnya jika menggunakan ekspedisi kargo, biaya pengiriman bisa ditekan sampai dengan sepertiga pengiriman biasa.

Sekarang ini banyak ekspedisi yang menawarkan pengiriman dengan tarif murah. Akan tetapi jangan asal mau. Anda harus memperhatikan layanan apa saja yang ditawarkan oleh mereka. Termasuk juga jenis transportasi yang digunakan. Jika menyewa truk atau mobil box, cek juga izin jalan, dan lain-lain.

Harga murah bukan berarti murahan dan pelayanan asal-asalan. Sebagai konsumen Anda harus cerdas dan tidak asal pilih. Berikut ini tips memilih jasa ekspedisi paling murah dan layanan memuaskan.

  1. Bandingkan Harga

Sebagai konsumen tentu Anda sah untuk membandingkan harga satu ekspedisi dengan lainnya. Tentu untuk mendapatkan harga termurah. Anda juga bisa tanyakan biaya bongkar muat dan pengemasan ulang barang kiriman. Ada beberapa jenis barang kiriman dikemas ulang karena alasan keamanan, dan lain-lain. Anda juga harus menanyakan apakah harga yang ditetapkan tersebut termasuk layanan antar barang sampai rumah atau tidak.

  1. Layanan

Anda juga bisa melihat bagaimana cara jasa ekspedisi melayani pelanggan. Ada berapa line untuk menghubungkan Anda dengan customer service. Apakah layanan 24 jam atau tidak, bagaimana mereka merespons pertanyaan, tanggapan, dan juga komplain konsumen.

Selain itu, anda juga bisa menanyakan layanan antarjemput paket yang disediakan oleh pihak ekspedisi paling murah.

  1. Lama Pengiriman

Hal lain yang harus Anda tanyakan adalah lama pengiriman. Ini penting, karena untuk pengiriman menggunakan kapal akan menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal. Tentunya ini terkait dengan estimasi Anda mengirim barang, agar Anda tidak rugi jika memang kiriman Anda untuk kepentingan bisnis.

  1. Jenis Transportasi

Ini wajib Anda tanyakan. Dari harga yang diberikan tersebut menggunakan jenis transportasi apa. Pilihan transportasi akan menentukan lamanya pengiriman. Termasuk  jika menggunakan kapal, apakah pengiriman menggunakan kapal roro, kapal Pelni, ataukah kapal cargo.

  1. Asuransi

Pilih jasa ekspedisi yang tidak hanya murah, akan tetapi juga asuransi. Pilih ekspedisi yang memberikan asuransi ke barang kiriman. Asuransi sebagai langkah antisipasi keamanan barang Anda selama perjalanan. Kendati Anda menggunakan jasa ekspedisi paling murah akan tetapi jangan sampai mendapat pelayanan yang murahan.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami