Setelah pandemi melanda, ternyata banyak yang jual makanan di media sosial atau e-commerce dalam upaya mengurangi mobilisasi. Tentu hal tersebut membutuhkan packaging makanan yang benar agar aman sampai di tangan konsumen.

Pelaku bisnis makanan atau bukan, sebaiknya ketahui cara packaging box makanan agar kualitasnya tetap terjaga. Kamu tidak inginkan jika makanan yang dikirimkan malah rusak atau basi?

Simak cara packing paket makanan di bawah ini sesuai jenis makanannya, Penasaran?

Untuk Fresh Food atau Makanan Bersuhu Rendah

Contohnya adalah daging, susu murni, ikan, buah-buahan atau bahkan frozen food. Nah tentunya sobat bamcargo kan harus menjaga tuh suhunya agar makanan tidak membusuk atau meleleh selama di jalan.

Gunakan Kotak Styrofoam
Penggunaan kotak styrofoam untuk packaging makanan bersuhu rendah lebih direkomendasikan. Hal tersebut karena terbukti ampuh menjaga suhunya sehingga kualitas makanan terjaga.

Dan yang paling penting adalah design packaging makanan dengan kotak styrofoam memiliki bobot yang ringan.

Lengkapi dengan Ice Gel
Tambahkan ice gel pack di dalam kotak styrofoam, gunanya untuk apa sih? Ice gel pack bisa menjaga suhu di dalam kotak tetap dingin sehingga tidak mudah mencair selama pengiriman.

Ice gel pack bisa kamu beli di toko online atau juga di beberapa toko bahan kue dan plastik.

Untuk Makanan Siap Saji
Pelaku bisnis kuliner di Indonesia terus melakukan inovasi, salah satunya menjual makanan siap saji dengan packaging makanan yang super aman.

Dengan begitu konsumen bisa langsung menyantapnya ketika pengiriman mengantarkan pesanan makanan tersebut. Nah, bagaimana caranya agar makanan tersebut terjaga dengan aman selama pengiriman?

Gunakan Kardus yang Cukup Tebal
Penggunaan kardus untuk makanan siap saji sudah banyak dilakukan karena hal ini sangat penting. Agar tampilannya lebih menawan, sobat bamcargo juga bisa cetak kemasan makanan siap saji berupa kardus lengkap dengan logonya.

Dengan menggunakan kardus, makanan bisa terjaga dari polusi atau debu selama di perjalanan oleh kurir pengiriman. Jangan lupa untuk menggunakan kardus berbahan dasar ramah lingkungan ya!

Pilih Layanan Same Day
Wajib! Kamu harus memilih layanan same day delivery agar makanan cepat saji tidak basi dan bisa segera dikonsumsi. Layanan ini bisa memastikan makanan cepat saji sampai di tangan konsumen di bawah 8 jam pengantaran.

Makanan Mudah Alot
Apa sih contohnya? Itu loh makanan yang sering kamu jadikan cemilan seperti keripik, kue kering, snack atau makanan ringan lainnya. Maka packaging makanan ini harus rapat-rapat agar udara tidak mudah masuk ke dalam kemasan.

Gunakan Plastik Pouch Bersegel
Plastik pouch bersegel cocok digunakan untuk makanan renyah seperti keripik, kerupuk, snack dan lainnya. Kemasan kedap udara ini juga bisa menjaga kerenyahan makanan di dalamnya.

Tambahkan gambar dari brand yang sedang kamu kembangkan agar orang lain semakin mengenal produkmu.

Lapisi dengan Kotak
Selanjutnya jangan langsung dipacking dan diberikan ke pengiriman, lapisi terlebih dahulu dengan kotak agar makanan tidak mudah hancur atau rusak selama pengiriman.

Gunakan kotak yang terbuat dari kardus bertekstur keras agar makanan tetap utuh hingga sampai ke tangan konsumen.

Nah kembali ke pertanyaan di atas, yakin kemasan makanan kamu sudah aman? Setidaknya cara-cara yang ada di artikel ini membuat kiriman makanan kamu terlindungi selama pengiriman.

Ada banyak contoh design packaging makanan yang bisa sobat bamcargo gunakan, yang pasti perhatikan saja keamanannya. Ditambah lagi kurir bamcargo bisa menjemput paket makanan yang akan kamu kirim biar lebih mudah dan aman.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami