Tips packing barang kiriman sepertinya diperlukan untuk Anda yang sering mengirim barang ke luar kota. Anda pasti pernah mengalami kerusakan barang yang dikirim melalui ekspedisi. Entah itu barang rusak, pecah, atau barang kemasan yang tidak lagi utuh. Hal itu disebabkan karena pengemasan tidak tepat atau rentan rusak.

Ya, pengemasan adalah elemen penting ketika mengirim barang.  Ingat, bukan barang kita sendiri yang dikirim. Kendati sudah ada jaminan keamanan, akan tetapi ketika barang berada di kapal atau pesawat bukan berarti tanpa risiko. Ada kemungkinan barang kiriman terkena benturan, goresan, atau hantaman benda lain. Itu sebabnya Anda harus memperhatikan betul cara pengemasan barang dan terapkan tips packing barang kiriman.

Kiriman barang selamat bukan hanya karena faktor dari pihak ekspedisi akan tetapi juga bagaimana Anda mengemas barang, bukan hanya barang tetapi juga kendaraan yang akan dikirimkan seperti itu. Jika anda membutuhkan jasa pengiriman mobil Jakarta maka BAM Cargo siap melayani dengan pelayanan terbaik. Berikut ini tips packing barang kiriman untuk barang kiriman. Siapa tahu Anda bisa praktikkan.

  1. Kenal Jenis Barang Kiriman Anda

Setiap barang tentu berbeda cara memperlakukannya. Termasuk juga bagaimana mengemasnya. Ada barang yang cukup diamankan menggunakan bubble wrap. Akan tetapi ada juga barang yang harus diberi lapisan busa untuk memberi keamanan tambahan. Barang pecah belah tentu membutuhkan pengemasan khusus. Bukan hanya di bagian luar, akan tetapi juga di dalam. Misal Anda memberi tambahan busa, kain, atau kertas koran untuk menghindari benturan antarbenda di dalam kemasan.

  1. Packing Barang Dengan Tepat

Setelah memberi keamanan ekstra di bagian dalam, Anda juga harus membungkus barang kiriman dengan tepat. Misal tidak memberi ruang atau memadatkan paket agar menghindari adanya goncangan, benturan atau kemungkinan disayat oleh benda tajam. Adanya ruang pada barang kiriman membuat barang kiriman lebih rentan mengalami kerusakan.

  1. Perhatikan Kemasan Bagian Luar

Setelah mengemas menggunakan kardus, biasanya pengirim akan memberi kemasan tambahan. Baik menggunakan kertas, plastik, atau kayu. Inilah yang perlu Anda perhatikan. Jika barang rentan, Anda bisa menggunakan kemasan kayu agar lebih tahan dari tekanan dan benturan.

Untuk kiriman seperti baju, Anda bisa mengemas menggunakan plastik atau karung gini. Ini lebih aman dan tentu saja ekonomis ketimbang Anda harus mengemas menggunakan kayu. Pihak ekspedisi akan menyediakan packing kayu tambahan.

Anda juga harus memperhatikan cara penulisan alamat. Jika Anda hanya menempel kertas pada kemasan bagian luar tentu sangat rentan basah. Anda harus melapisinya dengan plastik atau lakban bening sehingga bisa terbaca dengan baik. Selain itu perhatikan pula ukuran huruf yang digunakan. Jangan terlalu kecil menuliskannya karena akan sulit terbaca.

  1. Hitung Berapa Jumlah Kiriman

Anda harus memperhatikan, jika perlu memberi nomor atau tanda lainnya jika kiiriman Anda lebih dari satu kardus. Ini untuk mempermudah mengingat jumlah barang yang dikirim dan sesuai ketika diterima.

Anda bisa praktikkan tips packing barang kiriman agar aman sampai ke tujuan.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami