Gudang pada umumnya dibangun dalam ukuran sedang hingga besar, mengingat biasanya gudang diperuntukkan menyimpan barang dalam jumlah besar atau barang dengan kemasan yang besar. Itulah sebabnya mayoritas gudang yang disewakan juga berukuran sedang hingga besar. Namun, tidak menutup kemungkinan seorang pelaku usaha hanya memerlukan sewa gudang kecil karena ukuran atau kemasan barang yang diperdagangkan tidak seberapa besar. Selain mengutamakan segi efisiensi, ada beberapa hal yang wajib Sobat bamcargo perhatikan sebelum menyewa gudang dalam ukuran kecil.

1. Mengetahui Waktu Sewa yang Berlaku
Mengetahui secara pasti waktu sewa yang berlaku sangat penting sebelum mengambil keputusan untuk menyewa sebuah gudang. Cari tahu apakah penyedia layanan yang kamu datangi menyediakan pilihan sewa gudang kecil bulanan atau tahunan. Tidak ada salahnya mencoba sewa dalam durasi pendek terlebih dahulu untuk melihat apakah kamu benar-benar merasa cocok dengan lokasi gudang tersebut dan nyaman dengan fasilitas yang disediakan. Selain itu, sewa bulanan mungkin akan lebih cocok dengan anggaran operasional Sobat bamcargo. Mayoritas gudang disewakan tahunan, maka menemukan gudang yang disewakan bulanan akan memberi sedikit tantangan. Pertimbangkan dengan matang kebutuhanmu, karena bisa saja di masa mendatang kamu perlu menyewa gudang dengan ukuran yang lebih besar.

2. Harga Sewa yang Ditawarkan
Di samping jangka waktu, Sobat bamcargo harus memastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi layanan dan fasilitas yang ditawarkan. Coba bandingkan harga serta fasilitas yang diiklankan oleh beberapa penyedia gudang. Jangan sampai Sobat bamcargo membayar terlalu mahal atau mengambil risiko dengan membayar sewa terlalu murah namun pelayanan dan spesifikasinya tidak sesuai standar.

3. Lokasi yang Strategis
Memilih lokasi yang strategis tidak hanya perlu diperhatikan saat memilih lokasi untuk toko, tapi juga untuk gudang. Lokasi gudang dapat mempengaruhi kelancaran distribusi produk Sobat bamcargo. Sebelum bernegosiasi lebih jauh, pastikan seberapa jauh letak gudang dari lokasi pabrik atau toko. Jangan hanya karena gudang kecil yang disewakan, ternyata infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, tol, pelabuhan, atau lainnya tidak sebaik infrastruktur di area gudang besar karena akan mempersulit Sobat bamcargo saat mengirim dan menerima barang.

4. Keamanan Gudang
Mungkin Sobat bamcargo berpikir bahwa gudang kecil akan relatif lebih aman karena luas bangunannya yang tidak terlalu besar akan mempermudah pengawasan. Namun jangan lengah karena kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sewa gudang kecil Jakarta maupun di kota yang lebih kecil tetap harus memastikan pihak penyedia gudang menyediakan sistem keamanan yang ketat.

Selain itu, perhatikan juga dari segi konstruksi bangunan. Gudang yang tidak dibangun sesuai standar tentunya bisa menjadi sumber masalah seperti atap yang tiba-tiba roboh karena kondisinya yang tidak layak selain merusak produk bisa menimbulkan kecelakaan terhadap pekerja. Pilihlah gudang yang tiang pancangnya kokoh, lantai yang sudah dicor, dan tinggi dinding minimal 9 meter. Jangan juga menganggap sepele soal sumber cahaya di dalam gudang.

5. Pilih Penyedia Gudang Terpercaya
Hal terpenting ketika mencari gudang untuk kepentingan bisnis adalah memilih penyedia layanan yang terpercaya.

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami