packing barang merupakan keharusan ketika kita ingin mengirim barang melalui ekspedisi. Ada macam-macam bahan pembungkus yang bisa kita gunakan. Namun penting sekali untuk memilih bahan pembungkus yang sesuai dengan jenis barang. Hal ini bertujuan agar barang kita tetap aman sampai tujuan. Apa saja bahan pembungkus tersebut? Mari simak beberapa di bawah ini.

  • Strapping Band

Strapping band atau bisa disebut (tali klam/tali banding) merupakan produk berbahan material PP (Polipropilena) & PET (Polyethilena) yang digunakan diberbagai macam industri, khususnya industri pengemasan packaging strapping band digunakan diberbagai belahan dunia untuk mengemas kebutuhan produk lokal maupun ekspor, strapping band memberikan keamanan dalam pengiriman produk sampai ke tujuan dekat ataupun jauh.berbagai macam produk industri yang memakai produk strapping band diantaranya Industri kertas karton, Industri bubur & kertas, Industri pengolahan kayu, Industri Bahan bangunan seperti : Beton, Beton ringan (Bata ringan), panel lantai, dan sejenisnya.

  • Shrink Film

Shrink Film Keunggulannya ada banyak sekali. Diantaranya adalah produk yang anda jual akan terhindar dari debu dan kotoran sehingga konsumen bisa membeli produk yang bersih sehingga konsumen pun akan puas. Selain itu, produk juga akan tetap aman dan terjaga kualitasnya. Agar proses pengemasan dengan plastik Kemasan shrink film lebih aman dan mudah, anda bisa menggunakan mesin shrink film agar produk yang dijual memiliki tingkat keamanan yang baik serta proses pengemasannya dijamin aman.

Anda harus selalu ingat untuk tetap memperhatikan ukuran yang tepat untuk membungkus produk yang akan anda jual. Walaupun ukuran banyak diremehkan, namun sebenarnya ukuran memiliki andil yang besar dalam jalannya bisnisn anda. Jadi, jangan sampai salah dalam memilih ukuran kemasan karena bisa membuat produk yang akan anda jual tidak menarik dan plastik kemasan yang sudah anda beli pun tidak akan berguna sehingga akan memperbanyak pengeluaran modal anda.

  • Karung Goni Plastik

Karung Goni Plastik salah satu alat untuk packing barang biasanya digunakan untuk barang – barang atau paket dari perusahaan perusahaan barang pangan atau industrial pabrik. Karung Goni Plastik umumnya digunakan untuk melindungi produk beras dari sinar panas, kelembaban udara, benturan benda, dan juga kontaminasi dari kotoran serta bahaya mikroba yang dapat merusak serta menurunkan tingkat kualitas barang tersebut.

  • Koran Bekas

Koran Bekas Digunakan  Sebagai pengemas barang – barang pecah belah dan sebagai penahan goncangan di dalam paket kiriman. Dengan menumpukkan  Koran Bekas ke dalam suatu paket box dapat mencegah terjadinya benturan diantara barang – barang yang ada di dalam box. Dengan Koran bekas biasanya digunakan juga sebagai pelindung luar barang yang ada didalam paket agar tidak terjadi goresan atau gesekan yang dapat membuat lecet barang

  • Amplop/Kertas Pembungkus

Amplop atau kertas pembungkus bisa digunakan untuk mengemas barang yang tidak terlalu memerlukan perlakuan khusus dan tidak mudah rusak apabila tertumpuk dengan barang lainnya yang lebih berat. Amplop coklat biasanya digunakan untuk membungkus dokumen, surat-surat, pakaian, handuk, buku, majalah dan lainnya. Agar lebih aman lagi, kamu bisa tambahkan pembungkus plastik di luar amplop untuk melindungi paket dari air maupun benda cair lainnya.

  • Kardus/Box Karton

Kardus atau box karton memiliki fungsi untuk menahan tekanan luar. Kemasan box karton juga biasanya dipadankan bersamaan dengan box styrofoam, sehingga barang yang dikemas tentu saja akan lebih aman dari tekanan, tumpukan, getaran, dan guncangan. Agar kedap terhadap air, dapat juga ditambahkan pembungkus plastik di luar Box. Kardus biasanya digunakan untuk mengemas barang seperti tas, makanan kering, barang elektronik, sepatu, dan aksesoris.

  • Bubble Wrap

Bubble wrap berguna untuk meredam getaran dari benda yang dilapisinya. Tapi bubble wrap tidak dirancang untuk menahan tekanan. Biasanya, bubble wrap digunakan sebagai pelapis untuk melindungi barang pecah belah atau elektronik yang ukurannya kecil dan berbobot lebih ringan, misalnya kit elektronik, handphone, dan sparepart komputer seperti motherboard, VGA card, dan hardisk. Karena bubble wrap tidak bisa menahan tekanan, maka diperlukan kemasan lain yang dapat berfungsi sebagai penahan tekanan, misalnya box karton.

  • Peti Kayu

Peti kayu biasanya berfungsi sebagai pengemas ekstra, sebagai pelindung terluar dari barang yang sudah dikemas dengan kardus atau styrofoam, terutama untuk barang pecah belah dan barang elektronik. Peti kayu bisa berupa rangka yang dibuat dari papan yang memiliki jarak atau celah, atau berupa kotak kayu yang tertutup rapat. Penggunaan peti kayu untuk mengemas barang yang akan dipaketkan sangat disarankan, terutama apabila tujuan pengiriman di luar pulau yang biasanya melalui jalur laut atau udara. Nah, kira-kira pembungkus mana yang sesuai dengan paket Anda?

REFERENSI :

https://kgx.co.id/news/read/6/4-jenis-packing-paket-yang-aman

Ada Yang Ingin Anda Tanyakan ? Chat Kami